Blog
  • «
  • 1
  • »
Strategi
Perusahaan Terus Berkembang Pesat, Inilah Rahasia Pemimpin Visioner

Memiliki pemimpin yang visioner merupakan dambaan bagi perusahaan. Pemimpin visioner tahu  kemana akan membawa perusahaannya saat ini maupun di masa yang akan datang. Sebagai pemimpin, tingkah laku dan kepribadiannya akan dicontoh oleh karyawannya. Apabila pemimpin tersebut memiliki pandangan visioner, perusahaan tak perlu takut akan perkembangannya di masa yang akan datang.

Lalu apa yang perlu diperhatikan agar kita tahu pemimpin itu visioner atau tidak? Berikut inilah beberapa rahasia yang dimiliki oleh pemimpin visioner.

Komunikasi yang baik dengan karyawan dalam perusahaan

Menjalin komunikasi dengan karyawan merupakan hal yang harus bisa dilakukan oleh seorang pemimpin yang memiliki jiwa visioner. Komunikasi dua arah yang baik membuat karyawan merasa dibutuhkan oleh pemimpin. Hal tersebut akan memengaruhi kinerja karyawan. Kunci kesuksesan dalam bekerja salah satunya adalah melalui komunikasi yang baik antar karyawan dengan ‘atasan’ maupun antar sesama karyawan.  

Paham tentang kondisi kantor, baik lingkungan maupun karyawannya

Seorang pemimpin yang visioner akan mengingat tentang faktor-faktor yang membuat perusahaannya tetap hidup. Lingkungan perusahaan dan karyawannya tak luput dari kacamata seorang pemimpin karena merekalah perusahaan dapat terus berjalan. Lingkungan perusahaan yang nyaman akan membuat karyawan produktif dan betah disana. Selain itu, pemimpin tersebut juga dapat memberi karyawannya gift agar lebih semangat untuk bekerja. Untuk mendapatkan gift tersebut, Anda bisa #TanyaCera saja.

Tanya Cera merupakan sebuah platform baru dari Ceraproduction.com yang mempunyai fitur terbaru yang memudahkan Anda untuk mencari souvenir untuk karyawan dengan model dan desain yang beragam.

Paham tentang tren yang sedang ‘naik daun’

Agar perusahaan yang dia kelola tetap berjalan, pemimpin visioner tak lupa untuk selalu mengikuti tren yang sedang viral di masyarakat. Memahami tren disini adalah mengikuti setiap perubahan tren yang sedang terjadi. Namun, tidak semua tren akan cocok dengan identitas perusahaan. Seorang pemimpin visioner memiliki pandangan trend mana yang sesuai dengan keadaan perusahaannya saat ini.

Diskusi dengan Orang Lain

Berdiskusi dengan orang lain misalnya karyawan maupun teman sesama pemimpin perusahaan lain juga memengaruhi tindakan pemimpin. Seorang pimpinan yang visioner terus merasa haus akan ilmu. Ia percaya jika ilmu bisa didapat dari mana saja, salah satunya adalah diskusi. Berdiskusi dengan karyawannya tidak membuat membuatnya merasa lebih rendah, justru membuatnya terlihat mengayomi karyawan.

Detail Oriented

Teliti terhadap hal-hal kecil merupakan salah satu rahasia pemimpin agar dapat mengerti hal-hal penting apa saja yang dibutuhkan oleh perusahaan. Si pemimpin dapat mengawalinya dengan memerhatikan hal-hal kecil dalam kehidupan sehari-hari mereka. Membiasakan diri dengan melakukan hal tersebut akan membuat seseorang jadi lebih teliti dengan apa yang sedang mereka kerjakan.

Perencanaan Matang

Dalam merencanakan sesuatu hal yang berkaitan dengan perusahaan, misalnya saja mengenai program kerja dan sebagainya, pemimpin perusahaan haruslah bisa menentukan perencanaan. Sebuah perencanaan yang matang  dapat menghasilkan outcome yang maksimal jika dieksekusi dengan tepat.

Itulah beberapa rahasia yang dimiliki oleh seorang pemimpin visioner. Berbekal beberapa keterampilan dan sifat seperti yang disebut diatas, mereka dapat mengembangkan bisnis perusahaan. Perusahaan yang dikelola dengan benar oleh seorang pemimpin yang mempunyai visi jauh ke depan, akan terus melaju pertumbuhannya. Jadi, sudah siapkah Anda menjadi pemimpin visioner untuk masa yang akan datang? Yuk, persiapkan dirimu dari sekarang.

Baca Sekarang
(Infographic) Membangun Brand Awareness Menggunakan Merchandise

Ketika persaingan pasar sangat sengit dan konsumen banyak menerima produk dan layanan dari beragam brand, bagaimana anda bisa menonjol ketika persaingan sangat sengit? Bagaimana Anda bisa membuat pelanggan percaya apa yang anda tawarkan lebih unggul? Bagaimana Anda bisa mendapatkan kepercayaan dan kesetiaan mereka?

Jawabannya adalah branding. Meskipun pencitraan brand yang baik dapat membantu Anda menonjol dan dikenal konsumen di atas persaingan, penting untuk di ingat bahwa branding menggunakan merchandise sebagai media promosi adalah bagaimana cara Anda berkomunikasi dengan konsumen bukan sekedar memamerkan brand.

Pastikan Anda menggunakan merchandise yang memang menjadi kebutuhan sehingga dapat digunakan konsumen setiap hari. Karena, sekali anda salah memilih merchandise untuk membangung brand, anggaran Anda akan terbuang sia-sia. Jika Anda kebingungan mencari merchandise yang cocok untuk membangun brand, langsung #Tanya Cera, Yuk..

Nah, infographic dibawah akan membawa Anda bagaimana cara yang tepat menggunakan merchandise untuk membangun Brand Awereness.

Itulah 5 strategi penting ketika Anda membangung brand awareness untuk meningkatkan loyalitas konsumen, sehingga penjualan akan terus meningkat.

Baca Sekarang
Intermezo
6 Kesalahan Yang Justru Membuat Karyawan Meninggalkan Anda, BOS Wajib Baca!

Pimpinan acap kali mengeluh akibat ditinggalkan karyawan terbaiknya. Hal ini sudah pasti menjadi masalah tersendiri bagi si “manajer”,ya. Karena untuk mencari karyawan yang disiplin, tekun, ulet itu bukan perkara yang gampang. Pasalnya untuk menemukan sosok berkualitas membutuhkan waktu yang cukup lama.

Manajer sendiri seringkali menyalahkan karyawan lain sebagai penyebab utama resignnya. Padahal inti dari permasalahan, justru ada pada pimpinan itu sendiri. Sebelum Anda berpikir bahwa perusahaan sebagai faktor utama, cobalah mengintrospeksi diri terlebih dahulu. Jangan-jangan Andalah akar permasalahan utamanya.

Nah, hal seperti ini sebenarnya bisa di hindari, tapi terlebih dahulu simak 6 kesalahan yang sering di lakukan manajer, sehingga kedepannya bisa menghindari dan tetap menikmati kualitas kerja karyawan Anda.

Kesalahan-Kesalahan Manajer Yang Membuat Karyawan Memilih Meninggalkan Anda dan Pekerjaannya

1. Tidak Memedulikan Karyawannya

Mereka yang memilih hengkang dari perusahaan dan meninggalkan manajernya rata-rata karena tidak ada hubungan baik antar karyawan. Manajer tidak bisa memberikan keseimbangan antara kehidupan professional dan sosial. Karena tidak adanya komunikasi yang baik selama 8 jam kerja, untuk mendapat kesempatan bekerja samapun sangatlah sulit. Hal itulah yang membuat karyawan menjadi bosan mendengar bos hanya peduli dengan PRODUKTIVITAS semata dan tidak memedulikan hal-hal penting lainnya.

2. Mencederai Komitmen

Ketika pimpinan menyatakan komitmen, sudah seharusnya anda menunjukkan jiwa kepemimpinan Anda. Kenapa? karena denga begitu Anda bisa mendapatkan kepercayaan dari mereka.Jangan hanya memberikan janji tapi tidak ditepati, terlebih Anda adalah pimpinan perusahaan tersebut. Jadilah panutan untuk karyawanmu jangan sampai mencederai komitmen yang sudah dibuat, karena itu hanya akan membuat karyawan meninggalkan Anda dan pekerjaannya.

3. Tidak Adanya Reward Prestasi Kerja

Adakalanya karyawan sudah melakukan pekerjaan sesuai dengan goal yang diberikan perusahaan, tapi tidak dihargai sama sekali. Bagaimana perasaan Anda jika berada di posisi tersebut? Tentu sangat mengecewakan. Kesalahan seperti inilah yang sering terjadi karena tidak ada nya apresiasi kerja untuk menambah motivasi dan semangat karyawan. Nah, jika Anda sebagai manajer sudah merasa berada di posisi seperti ini, sudah sebaiknya anda menyiapkan gift untuk apreasiasi kerja sehingga keproduktifan karyawan tetap terjaga. Lantas, gift seperti apasih yang cocok untuk karyawan Anda… Tanyakan cera aja!

Kenapa #TanyaCera ? Karena dengan platform baru ceraproduction.com, banyak sekali fitur yang mempermudah anda untuk menemukan setiap souvenir sebagai apresiasi kerja karyawan.

4. Memilih Orang Yang Salah

Menggantikan posisi karyawan terbaik yang naik jabatan setelah peforma kerja yang di apresiasi pimpinan berkat keuletannya memanglah benar, tetapi ketika anda ingin menggantikan posisi yang di tinggalkan jangan sampai terperangkap kedalam lubang yang salah dengan merekrut karyawan yang posisinya justru lebih layak dibawah posisi yang di tempati sekarang. Pasalanya, ketika kamu salah merekrut karyawan sudah pasti yang lainnya akan kehilangan motivasi dan semangat untuk bekerja. Jadi, pastikan kamu merekrut karyawan yang memang layak untuk menempati posisi tersebut.

5. Membatasi Passion

Memberikan kesempatan untuk berkembang dengan passionnya sendiri sebenarnya akan menambah keproduktifan karyawan serta kepuasan bekerja di perusahaan tersebut. Namun, terkadang banyak manajer yang membatasi hal tersebut karena ketidakinginannya manajer menghancurkan fokus mereka yang nantinya dapat mengakibatkan turun produktivitas menurun.

“ Orang yang memiliki passion tinggi orang yang cocok jadi rekan kerja Anda “

Sebuah penelitian dengan judul Happiness and Productivity yang dilakukan oleh Andrew J. Oswald, Eugenio Proto, and Daniel Sgroi di tahun 2014. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa.

“ Individu yang bahagia memiliki produktivitas yang tinggi, dan sebaliknya individu yang kurang bahagia memiliki prodktivitas yang rendah “

Jadi jangan batasi passion karyawan mu jika Anda tidak mau ditinggalkan.

6. Gagal Mengembangkan Keterampilan Karyawan

Percuma jika anda memiliki karyawan yang cerdas, terampil dan mandiri jika pimpinannya saja tidak bisa mengelola bawahannya dengan baik. Jadi, pintar-pintarlah mengelola bawahanmu karena karyawan dengan tipe seperti diatas akan memperhatikan, mendengarkan dan selalu memberikan feedback. Carilah dimana skill mereka kemudian kembangkan sehingga berdampak positif pada perusahaan.

“ Karyawan yang pintar itu selalu menginginkan feedback “

Sekali Anda tidak peka dengan hal seperti ini maka karyawan Anda hanya akan memberikan surat kedalam ruangan dan berkata; terima kasih atas kesempatan yang diberikan pak, selamat siang. RESIGN!!!

Intinya jika anda sebagai pimpinan benar-benar menginginkan orang terbaik tetap bersama dan menjadi rekan kerja yang luar biasa untuk mengembangkan perusahaan, mulailah belajar bagai mana semestinya memperlakukan bawahan. Buatlah karyawanmu selalu termotivasi dan semangat bekerja.

Baca Sekarang
5 Hadiah Untuk Teman Kantor Yang Murah, Cocok dan Berkesan

Mencari atau memilih hadiah merupakan hal yang gampang-gampang susah untuk dilakukan. Entah itu untuk pasangan, keluarga, teman sepergaulan, teman kantor hingga partner atau pelanggan bisnis kita. Seseorang bisa berputar seharian di sebuah pusat perbelanjaan, atau juga berjam-jam lamanya membuka web online shop untuk mencari hadiah yang murah, cocok dan berkesan.

Kenapa kita rela melakukan hal tersebut? Tentu saja karena kita berharap hadiah yang kita berikan tidak hanya sekedar menjadi benda pemberian, namun juga menjadi benda memberikan manfaat serta kesan yang mendalam atas diberikannya hadiah tersebut.

Begitupun halnya dengan memberikan hadiah bagi teman kantor. Sebagai orang yang nyaris tiap hari kita temui, interaksi yang terjalin bersama mereka tentu sudah cukup intens. Hal ini membuat kedekatan dengan teman kantor seringkali tidak hanya sebatas hubungan kerja professional namun juga menjadi teman dalam hubungan social.

Maka ketika teman kantor kita sedang atau akan melewati masa bahagianya, selayaknya kita pun memberikan sebuah apresiasi atau support baik dalam bentuk ucapan dan atau hadiah. Agar tidak salah dalam memilih hadiah untuk teman kantor yang murah, cocok dan berkesan berikut adalah beberapa hal yang mesti kita pertimbangkan saat sedang memilih hadiah untuk teman kantor :

Pertama, Pas Dengan Momentnya. Pada umumnya orang memberikan hadiah kepada teman atau orang disekitarnya hanya di waktu-waktu tertentu saja. Begitu juga dengan teman kantor, masa-masa dimana orang biasanya memberikan hadiah bagi teman kantornya ialah :

  • Saat ulang tahun
  • Pernikahan teman kantor
  • Adanya Program Kantor, seperti saling bertukar hadiah sesama karyawan
  • Moment bahagia seperti naik jabatan, meraih prestasi atau penghargaan tertentu
  • Moment perpisahan entah itu pindah kantor, pensiun dan lainnya

Nah sekarang pertanyaannya adalag Anda sedang mempersiapkan hadiah teman kantor untuk moment yang mana?. Carilah hadiah yang paling pas dan sesuai dengan momentnya.

Kedua, Makna Dari Hadiah Tersebut. Ada yang bilang, hadiah merupakan ungkapan, doa, atau ucapan yang diwujudkan dalam bentuk fisik. Maka dari itu sebelum memilih hadiah untuk teman kantor, sebaiknya kita tanyakan pada diri sendiri dulu, sebenarnya apa yang mau kita sampaikan atau ucapkan pada si penerimanya?. Setelah ketemu jawabannya, baru kita cari benda apa yang bisa mewakili ucapan tersebut.

 

Ketiga, Nilai/Budget Yang Wajar. Memberikan hadiah untuk teman kantor adalah hal yang baik, namun kita juga perlu membuat batas wajar untuk melakukannya. Selain untuk mengantisipasi besarnya pengeluaran, hal ini juga mengantisipasi adanya anggapan atau presepsi buruk tentang Anda dan teman yang Anda berikan hadiah. Mulai dari presepsi adanya hubungan “special”, dianggap cari muka hingga isu gratifikasi.

Untuk mengetahui batas wajar yang paling mudah, ialah tanyalah teman-teman di kantor Anda berapa rata-rata biaya yang mereka keluarkan. Jangan karena kita ingin memberikan hadiah yang berkesan, kita merogoh kocek yang terlalu dalam. Begitu juga sebaliknya, jangan karena kita sedang mengirit biaya sampai membelikan hadiah untuk teman kantor sesuatu yang kurang bernilai.

Jika terpaksa memberikan hadiah dengan harga yang mahal sebaiknya Anda melakukannya bersama dengan teman kantor lainnya melalui sistem “patungan” atau urunan dana. Dengan begitu hadiah yang diberikan bisa sangat berkesan, namun biaya yang kita keluarkan tetap relative murah dan masih dalam batas wajar.

Dari semua pertimbangan yang sudah kita bahas diatas saya yakin Anda sudah mendapat cukup banyak gambaran tentang apa yang kira-kira bisa dijadikan hadiah untuk teman kantor Anda. Sebagai bahan referensi Anda, dibawah ini adalah

5 Barang Yang Biasa Dijadikan Hadiah Untuk Teman Kantor

yang berhasil kami kumpulkan dari berbagai opini dan pengalaman crew dan mitra Cera Production.

1.       Pena dan Buku Agenda

Pena dan Buku agenda/catatan merupakan dua benda yang familiar digunakan oleh hampir semua bagian di sebuah kantor. Karena itulah memberikan hadiah pena dan atau buku agenda kepada teman kantor adalah pilihan yang layak dipertimbangkan. Selain fungsional dan bermanfaat, hadiah untuk teman kantor yang satu ini juga cukup murah.

Rentang harga pena dan buku agenda sangat beragam, mulai dari harga 3 ribuan hingga 3 jutaan. Pilihlah yang paling pas sesuai dengan 3 pertimbangan yang sudah dibahas sebelumnya.

Cek Harga Pena dan Buku Agenda di Cera Production Klik Disini

2.       Benda Hobi Atau Sesuatu Yang Disukai

Bertemu hampir setiap hari seringkali membuat kita mengenal dekat teman kantor hingga tahu apa hobi dan kesuakaan mereka. Maka tidak ada salahnya di moment bahagianya, kita memberikan benda yang berhubungan dengan hobi atau kesukaan mereka. Misalkan saja, teman yang hobi mancing kita beri pancingan, teman yang menjadi fans fanatic sebuah club sepakbola kita beri jersey atau merchandise club tersebut.

3.       Buku Bacaan

Memberikan buku sebagai hadiah untuk teman kantor juga merupakan hadiah yang pas untuk teman kantor yang suka membaca. Namun sebelum membelikan mereka buku, pastikan terlebih dahulu jenis buku apa yang mereka suka apakah itu buku pengetahuan, motivasi atau malah novel?. Pastikan pula bahwa mereka belum memiliki buku yang akan Anda belikan.

4.       Tumbler

Membawa tumbler air minum tengah menjadi tren saat ini terutama di lingkungan kerja kantor. Benda yang berfungsi sebagai wadah air minum yang bisa mempertahankan suhu minuman ini snagat membantu karyawan dalam memenuhi kebutuhan minum mereka serta menjaga minuman favorit mereka tetap dalam keadaan panas ataupun dingin. Harganya yang relative murah juga menjadi menjadi alasan kuat mengapa tumbler menjadi benda cocok yang dihadiahkan.

5.       Jam Tangan

Meskipun memiliki kesan yang lebih personal, memberikan jam tangan sebagai hadiah untuk teman kantor masih menjadi pilihan banyak orang karena benda yang satu ini memang memiliki manfaat yang besar dan masa pakai yang panjang. Dengan rentang harga yang beragam, orang-orang biasanya membelikan hadiah jam tangan ini secara kolektif. Sehingga merka bisa membelikan jam tangan dengan harga yang pantas dan nilai berkesan.

Itulah 5 Hadiah untuk teman kantor yang murah, cocok dan berkesan. Semoga bermanfaat.

Baca Sekarang
Tips Ampuh Meningkatkan Produktivitas Kerja Dan Mengatasi Karyawan Yang Sering Pelupa

Memberikan motivasi kepada setiap karyawan memanglah sangat penting, karena dengan memberikan motivasi akan meningkatkan produktivitas karyawan, nah jika anda atasan yang memang menginginkan karyawan anda lebih produktif lagi bekerja sehingga apa yang ingin di tuju perusahaan dapat terwujud, anda memang sudah seharunya memotivasi karyawan anda setipa hari.

Tak hanya itu saja yang harus anda berikan kepada setiap karyawan, karena pada dsarnya, tipe-tipe karyawan banyak sekali, dari yang sering ketiduran dikantor, yang pelupa, yang susah menerima ide dari orang lain, yang susah berkomunikasi dengan satu sama lain. Nah, untuk mengeratkan karyawan satu sama lain ini, tidak cukup hanya dengan memberikan motivasi saja, apalagi untuk tipe karyawan yang sering pelupa, masuk telinga kiri keluar telinga kanan.

Jadi selain motivasi yang harus anda berikan, anda juga harus memberikan benda sebagai apresiasi kerja mereka, agar karyawan anda mendapatkan double motivasi untuk meningkatkan kinerja dikantor demi mencapai tujuan perusaan.

Maka dari itu, cera production akan memeberikan tips motivasi apa saja yang harus anda berikan kepada karyawan anda dan benda apa saja yang cocok harus anda berikan kepada karyawan anda sebagai apresiasi kerja mereka dikantor.

1. Dengarkanlah ide-ide dari karyawan anda

Anda sebagai atasan jangan pernah hanya memberikan ide saja kepada karyawan, tapi terimalah ide-ide baru yang karyawan anda berikan. Karena dengan menerima ide baru dari karyawan anda itu lebih membuktikan bahwa anda memang seorang atasan yang sangat berwibawa dan bijaksana. Selain itu, perusahaan yang memberikan kesempatan bagi karyawan untuk mengembangkan ide mereka dan ber kreativitas tidak mungkin tidak membuahkan hasil. Karena, pada dasarnya, setiap pendapat, pemikiran atau ide yang karyawan anda berikan, itu melalui sebuah proses yang cukup panjang, jadi hargailah setiap pendapat atau ide yang karyawan anda sampaikan.

2. Peliharalah hubungan sosial yang baik dengan karyawan

Memelihara komunikasi yang baik dan interaksi yang baik kepada karyawan justru akan meningkatkan semangat mereka untuk bekerja lebih giat lagi, pasalnya sikap peduli yang anda berikan kepada setiap karyawan akan membuat mereka merasa segan. Gimana sih sikap peduli yang baik untuk karyawan itu ? contohnya kecilnya begini, jika anda memang ingin memelihara hubungan sosial kepada karyawan, anda bisa mengunjungi rumah mereka. Kenap? Karena dengan mengunjungi rumah karyawan anda, anda akan tahu bagaimana kondisi keluarga karyawan sehingga anda bisa mengetahui sebenarnya bagaimana kepribadian dan karakter karyawan tersebut.

Selain itu, ada yang mengatakan bahwa, dilansir dari forbes.com ( sekali anda mengeluarkan emosi yang bersifat marah-marah atau depresi itu akan berpangruh kepada karakter karyawan anda ) jadi intinya, anda sebagai pemimpin berushalah untuk selalu memberikan atau menularkan pengaruh yang positif dan koneksi emosional yang positif.

3. Muncullah Ketika Karyawan Anda Sedang Bekerja

Karywan mana sih yang gak mau naik jabatannya, pasti semua karyawan menginginkan karir yang cemerlang di perusahaan tersebut. Nah, anda sebagai atasan janganlah sesekali menutup mata terhadap karir karyawan anda, karena ketika kalian melakukan hal tersebut, anda sudah menjadi monster di perusahaan tersebut. Pastinya anda tidak mau kan menjadi monster di perusahaan yang anda pimpin, oleh karena itu, sesibuk apapun pekerjaan anda, lakukanlah penilaian kinerja karyawanmu dan rencanakan pelatihan yang sesuai untuk menumbuhkembangkan keterampilan yang karyawan anda miliki.

Selain itu, dilansir pakarkinerja.com, merencanakan karir karyawan sangatlah berpengaruh terhadap peningkatan kinerja. Karena ketika anda merencakan karir karyawan anda dapat menjaga semangat para karyawan agar tidak jenuh dengan posisinya saat ini dan dia akan tahu kapan dia akan naik jabatan sembari kinerja terus meningkat.

4. Bangunlah Kepercayaan Kepada Karyawan Anda

Membangun kepercayaan antara karyawan merupakan modal untuk membangun hubungan kerja yang lebih baik lagi. Bangunlah kepercayaan dengan mengutamakan kejujuran, jangan lah sesekali berbohong ataupun anda bercerita kapada karywan lain tentang karyawan anda yang tidak anda sukai. Karena dengan melakukan hal tersebut, anda secara langsung membangun bom yang dalam hitungan jam akan segera runtuh. Maksudnya, perlahan lahan kepercayaan karyawan anda terhadap kepemimpinan anda bisa dengan cepat runtuh.

Tak hanya hal diatas saja bisa anda terapkan, anda juga bisa membina komunikasi yang baik sehingga membangung kepercayaan satu sama lain lebih gampang, seperti anda mendengarkan karywan anda, karyawan anda mendengarkan anda, sehingga produktivitas kerja mereka meningkat dan makin semangat untuk bekerja.

5. Aturlah Suasana Kerja Yang Positif Dan Menyenangkan

Kenapa hal ini sangat penting untuk anda terapkan di perusahaan anda? Karena dengan adanya lingkungan kerja yang nyaman dan menyenangkan bisa membuat karyawan semangat untuk bekerja. Selain itu, dengan kondisi kerja yang menyenangkan dapat mempengaruhi mereka untuk tetap positif pekerjaan mereka yang sedang menumpuk dapat selesai dengan tepat waktu.

Itulah kenapa anda sebagai atasan tertinggi di perusahaan tersebut, harus membuat suasana kerja menjadi lebih nyaman, menyenangkan dan tentunya berbau hal-hal yang positif. Jika anda sebagai pimpinan sudah memiliki karkater positif dan selalu melihat bahwa segala sesuatu pasti ada jalan keluarnya, anda akan sangat mudah menciptkan yang namanya suasana kerja yang positif dan pastinya menyenangkan, sehingga motivasi karyawan untuk bekerja makin meningkat.

Memotivasi karyawan setiap hari dengan cara yang professional akan membuat karyawan anda betah bekerja di perusahaan anda, tapi jika anda tidak pernah memotivasi mereka selama mereka bekerja, jangan harap mereka berah di perusahaan anda, yang anda mereka mengundurkan diri, so, hindarilah hal-hal sepele seperti ini.

6. Brikanlah Mereka Sticky Note

Jika karyawan kalian memang tipe-tipe yang pelupa, bahkan motivasi saja tidak cukup untuk meningkatkan produktivitas kerja mereka di perusahaan anda. Anda memang sudah seharusnya memberikan benda seperti ini kepada semua karyawan anda, agar motivasi kerja mereka lebih meningkat, jadi gak cuman masuk telinga kiri keluar telinga kanan.

kenapa sticky note sangat penting sebagai peningkat semangat kerja karyawan?

Dengan desain yang sangat simple dan sangat mudah untuk digunakan, sudah seharusnya karyawan anda lebih semangat lagi bekerja, karena deadline yang anda berikan kepada karyawan bisa mereka tulis di sticky note yang anda berikan, sehingga mereka tidak lupa prioritas apa yang harus mereka lakukan ketika kerjaan lain sudah selesai. Dengan itu, ketika anda bertanya kepada karyawan, “ deadline sudah selesai? ” karyawan anda sudah tidak strees lagi, dan anda sebagai atasanpun lebih senang J

Kenapa sticky note gampang untuk digunakan?

Bahan yang terbuat dari hvs dengan ukuran yang sangat simple, 7,5cm x 7,5cm dan metode print dengan warna yang full color akan membuat karyawan anda semangat lagi untuk bekerja, tak hanya itu saja, lem yang sangat erat sehingga bisa karyawan anda tempelkan dimana saja di ruangan kantor mereka.

Nah, itulah yang bisa cera production berikan mengenai tips bagaimana agar menjaga hubungan baik kepada karyawan untuk meningkatkan produktivitas kerja di kantor.

Belum belanja souvenir untuk apreasiasi tahunan kepada karyawan anda, sekarang cera memiliki fitur terbaru Tanya Cera ? anda bisa melakukan transaksi dengan gampang dan proses yang cepat, selamat berbelanja tahunan.

Baca Sekarang
Berita
(Infographic) 4 Inspirasi Pengusaha Dunia Yang Bisa Anda Jadikan Acuan Mengembangkan Brand

Keingan untuk sukses sudah pasti ada dibenak setiap orang, ada mimpi-mimpi dan tujuan untuk dicapai. Setidaknya, dengan pencapaian tersebut membuktikan bahwa diri mereka bebas untuk bermimpi dan bisa melakukan hal yang baik, bahkan cukup baik. Sukses sendiri jika didefinisikan sangat buram, bahkan tidak ada satu orang pun yang tahu sama sekali apa definisi pasti mengenai kesuksesan itu dan berdasarkan parameter apa seseorang bisa dikatakan sukses. Anda juga tidak bisa menilai kesuksesan dari harta kekayaan yang dimiliki yang nantinya akan memunculkan mindset bahwa semakin banyak harta maka sudah bisa disebut sebagai orang yang sukses. Intinya sadar terhadap diri masing-masing, sejauh mana kamu berusaha sejauh itu juga kesuksesan yang sudah kamu capai.

Banyak tokoh pengusaha sukses diluar sana yang sudah mencicipi kesuksesan mereka, orang-orang itu seperti Bill Gates, Steve Jobs, Jack Ma, Jeff Benzos dan masih banyak lagi. Kesuksesan yang mereka capai sampai saat ini bukan tanpa usaha, banyak rintangan yang sudah mereka lewati untuk pencapaian tersebut. Mungkin infographic dan penjelasan dibawah bisa anda jadikan acuan bagaimana seharusnya pengusaha itu bertindak.

1. Steve Jobs

“ Stay foolish, Stay Hungry “ kutipan ini diucapkan Steve Jobs saat upacara kelulusan Universitas Stanford pada tahun 2005 silam. Sebelum akhirnya Steve Job mengucapkan kutipan ini di upacara kelulusan tersebut, katalog Amerika yang berjudul Whole earth Catalog sudah mengutip terlebih dahulu di akhir katalog tersebut edisi 1974. Kutipan tersebut mengingatkan bahwa

“Jangan pernah puas, berusahalah terus lakukan hal-hal yang orang lain katakana tidak bisa dilakukan. “

2. Jack Ma

Ungkapan Jack Ma mengingatkan bahwa selama kamu tidak menyerah dan selalu berusaha untuk bisa mencapai mimpi itu bahkan jika kamu kecil sekalipun ( usaha yang masih kecil ) berarti kamu harus fokus untuk pencapaian yang lebih besar bukan menggunakan kekuatan fisikmu, tapi gunakan otakmu.

3. Jeff Bezos

Ketika dihadapkan pada situasi yang menurut anda sulit, ungkapan ini sangat cocok untuk menjadi renungan dan tanyakan pada dirimu sendiri. Terkadang cobaan datang seperti angin topan “ membawa keributan tanpa meninggalkan bekas sedikitpu “ merasa pesimis terhadap kenyataan yang belum dihadapi seketika itu juga sering terucap Tuhan seolah-olah meyalahkannya karena cobaan yang diberikan terlalu berat untuk dihadapi. Untuk itu, ungkapan seperti ini sangatlah cocok untuk Anda yang mana ketika sedang berada disituasi sulit Anda bisa menanyakan pada diri sendiri terlebih dahulu sebelum kepada Tuhan. Kita hidup Cuma satu kali, Tuhan juga tidak akan memberikan rintangan lebih dari batas kok. Jadi jalani saja, jadikan tantangan dan tetaplah berusaha dan berdoa.

4. Bill Gate

Semua orang pasti tahu bahwa kita tidak bisa memilih akan dilahirkan seperti apa, dalam keadaan seperti, sekalipun memang harus lahir dalam keadaan yang berkekurangan bukan berarti itu kesalahan Anda. Bersyukurlah kamu yang memang lahir kedunia ini dengan keadaan yang berkecukupan sementara yang lainnya harus mengalami keadaan sebaliknya. Jadi berusalah terus untuk mencapai mimpi-mimpimu.

Mungkin 4 kutipan dari pengusaha dunia diatas bisa anda jadikan acuan, bagaimana susahnya mereka meyakinkan konsumen, membuat konsumen mencintai produk yang kita tawarkan, bagaimana agar produk tersebut menarik, jatuh bangun membesarkan brand sudah mereka rasakan.

Nah, sekarang giliran Anda yang akan merasakan hal-hal tersebut, bukan waktunya lagi anda mengeluh, waktunya anda berpikir kedepan. Jika Anda masih kebingungan bagaimana agar konsumen mencintai produk kita, tanyakan cera aja!

Kenapa #Tanya Cera? Karena platform baru yang di usung ceraproduction.com akan mempermudah Anda menemukan souvenir yang cocok untuk mengembangkan brand ataupun juga perusahaan. Sudah banyak perusahaan besar seperti Pertamina, BankSulteng, Axioo menggunakan Merchandise sebagai bahan promosi. Nah, kini giliran Anda.

Baca Sekarang
4 Rahasia Membuat Stand Diserbu Pengunjung Saat Mengikuti Pameran

Mengikuti sebuah pameran, bazzar, expo atau kegiatan sejenis lainnya sudah menjadi salah satu aktivitas pemasaran yang lazim dilakukan oleh sebuah perusahaan. Meskipun hanya berlangsung beberapa hari atau minggu. Mengikuti sebuah pameran perlu banyak persiapan mulai dari desain stand/booth, banner, brosur, display produk hingga souvenir perusahaan.

Salah satu keuntungan dalam mengikuti pameran ialah kita mendapatkan jumlah pengunjung yang banyak dalam waktu yang singkat. Karena di hari biasa  sebuah toko mungkin hanya dikunjungi oleh puluhan hingga ratusan orang perhari. Namun dalam sebuah pameran, potensi pengunjung bisa sampai ribuan.

Potensi inilah yang akhirnya menjadi motif atau tujuan perusahaan mengikuti pameran. Seperti diantaranya mengenalkan produk dan brand baru, memperkuat branding produk ataupun perusahaan, menjalin hubungan baik dengan konsumen (customer service), mencari partner bisnis dan investor, meningkatkan penjualan dan lain sebagainya.

Namun mengikuti pameran juga memiliki tantangan yang tidak mudah. Yaitu bagaimana caranya agar pengunjung tertarik untuk datang dan berinteraksi di stand perusahaan kita?. Karena tidak jarang meskipun pengunjung pameran banyak, namun yang datang dan berinteraksi di suatu stand sedikit.  Maka dari itu kita perlu memikirkan rencana dan strategi agar stand perusahaan kita ramai dikunjungi.

 

4 Rahasia Membuat Stand Diserbu Pengunjung Saat Mengikuti Pameran

Mengamati dan belajar dari perusahaan yang sukses dalam melakukan pemasaran melalui pameran. Berikut ini adalah 5 Rahasia Membuat Stand Perusahaan Kita Diserbu Pengunjung Saat Mengikuti Pameran :

1. Lokasi Stand

Lokasi menentukan prestasi. Guyonan artis Fitri Tropica ini memang syarat akan makna, terlebih dalam hal mengikuti pameran. Lokasi stand yang strategis memberikan pengaruh yang cukup besar terhadap tingkat keramaian suatu stand. Maka usahakanlah kita mendapatkan stand yang paling sering dilewati oleh pengunjung.

Menurut pengalaman dan pengamatan kami, lokasi stand didepan pintu, dekat dengan panggung dan lokasi hook biasanya menjadi tempat yang paling strategis dalam sebuah pameran. Dan biasanya lokasi-lokasi tersebut juga dibanderoll dengan harga yang berbeda karena banyak peminatnya. Namun terkadang tempat yang strategis di suatu pameran juga berbeda-beda. Sehingga sebaiknya kita berdiskusi dulu dengan pihak penyelenggara ataupun peserta pameran lain yang sudah pernah mengikuti pameran tersebut.

 

2. Tampilan dan Desain Stand/Booth

Jadilah yang paling beda dan mencolok, dengan begitu stand kita mudah ditemukan dan menarik perhatian. Namun yang lebih penting daripada sekedar terlihat mencolok adalah tampil sesuai jati diri brand perusahaan itu sendiri. Dengan kata lain, segala hal yang berkaitan dengan desain dan tampilan stand kita diatur dan dibuat sedemikian rupa agar tetap selaras dan serasi sesuai identity dari brand perusahaan. Mulai dari warna, logo, font tulisan, hingga berbagai ornamen lainnya.

Tips penting lainnya dalam memperindah stand ialah :

  • Pencahayaan yang pas
  • Display produk yang menggoda
  • Penjaga stand yang rapih, menarik dan ramah
  • Berikan ruang atau space pengunjung
  • Jaga kebersihan dan kerapihan stand selama pameran

 

3. Promo Khusus

Mengikuti pameran adalah sebuah momentum bagi perusahaan dimana ada lonjakan pengunjuang atau orang yang melihat dan berinteraksi dengan perusahaan Anda. Maka jangan sia-siakan kesempatan ini untuk menggenjot angka penjualan. Terlebih bagi Anda yang memang sejak awal memiliki tujuan untuk meraup keuntungan dari penjualan selama pameran.

Buatlah program promosi khusus selama pameran untuk merangsang daya beli konsumen. Mulai dari free tester, bundling atau harga paket, diskon spesial hingga bonus atau hadiah tertentu.

Kemudian agar informasi tentang program ini diketahui pengunjung pameran maka beberapa hal yang bisa kita lakukan adalah :

  • Memasang papan atau tulisan diskon besar di stand/booth
  • Membagikan informasi ini di sosial media perusahaan bahkan jika perlu memasang iklan berbayar seperti Facebook Ads untuk mengiklankan program promosi ini. Cara seperti ini sudah banyak dilakukan oleh beberapa perusahaan dan terbukti cukup berhasil dari mendatangkan masa.
  • Membagikan brosur atau selebaran tentang program promosi stand kita di area pintu masuk atau dekat loket. Jika memungkinkan sekalian saja kita bekerjasama dengan panitia untuk membagikan brosur tersebut oleh bagian ticketing.
  • Menugaskan seorang Sandwhich Man, yaitu seseorang yang membawa papan promosi di tubuhnya lalu berkeliling di area pameran

 

4. Membagikan Merchandise atau Souvenir Perusahaan

Sadarkah Anda bahwa seringkali stand-stand yang ramai didatangi oleh pengunjung pameran ialah stand yang memiliki program menarik seperti pemberian souvenir perusahaan. Terlebih jika produk perusahaan kita bukanlah produk yang bisa langsung dibeli atau dirasakan hasilnya seperti makanan atau pakaian.

Coba bayangkan bagaiamana jika perusahaan kita adalah perusahaan yang menjual produk berupa sofware/aplikasi, jasa, mesin, alat berat dan lain sebagainya. Bagaimana kita menarik pengunjung untuk mau singgah dan berinteraksi dengan perusahaan kita. Membuat mereka mengenal dan mau tahu tentang perusahaan kita?. Nah disinilah souvenir perusahaan bisa sangat berperan.

Souvenir perusahaan bisa menjadi tanda #TerimaKasih sekaligus kenang-kenangan kita bagi pengunjung yang sudah datang, bertanya dan berinteraksi dengan perusahaan. Bisa juga souvenir perusahaan tersebut kita kombinasikan games atau challenge tertentu sebagai hadiah. Hal ini terbukti dapat menarik perhatian pengunjung pameran. Dan lebih dari itu, souvenir perusahaan tersebut pada akhirnya melanjutkan tugasnya sebagai media promosi. Yakni mengingatkan penerimanya terhadap perusahaan kita.

 

Tips Bonus :

Tips ini mungkin tidak termasuk dalam rahasia meramaikan stand saat pameran. Namun tips ini sangat berpengaruh dalam memaksimalkan hasil atau dampak dari pameran. Apa itu?

Siapkan Kartu Nama dan Brosur

Durasi sebuah event pameran biasanya tidak terlalu lama, rata-rata 3-5 hari saja. Untuk itu sayang sekali jika kita hanya menggantungkan aktivitas promosi hanya pada saat pameran. Bagaimana caranya agar kita bisa mendapatkan penjualan terus menerus setelah pameran?. Salah satunya ialah dengan menyebarkan brosur dan kartu nama.

Seringkali kedua senjata ini menunjukan keampuhannya setelah sebuah event pameran selesai. Penjualan susulan baik dari pengunjung yang sebelumnya sudah membeli atau pun yang pada saat pameran belum membeli. Pemberian brosur dan kartu nama ini akan lebih powerfull apablika  dipaketkan dengan pemberian souvenir perusahaan seperti yang dijelaskan di point empat.

Demikian artikel kali ini semoga bermanfaat.

Baca Sekarang