Primary Navigation

11 Cara Membuat Karyawan Bahagia Bekerja Di Kantor

Bekerja. Mendengar kata tersebut sebagian orang langsung terbayang berbagai aktivitas yang memeras energi fisik maupun pikiran. Ketika ditanya apakah Anda bahagia di kantor? Perlu waktu beberapa saat untuk menjawab pertanyaan tersebut dengan jujur. Karena tidak dipungkiri, sebagian besar masih merasakan lebih banyak serius dan tertekannya daripada bahagiannya saat di kantor.

Malah saking seriusnya,  dulu ada sebuah pepatah yang mengatakan “Work is not supposed to be fun. That’s why it’s called work.” Tak heran jika akhirnya hal ini mendorong tinginya tingkat stress yang dialami pekerja. Bagaimana tidak, selain disibukkan dengan tuntutan menyelesaikan pekerjaan dengan baik, mereka juga masih harus dihadapkan dengan persaingan yang terjadi antar karyawan untuk mendapatkan peningkatan karir.

Namun beberapa dekade ini, akhirnya banyak riset yang membantah keras bahwa hal tersebut adalah presepsi yang salah. Salah satu yang terkenal adalah hasil riset yang ditulis dalam sebuah buku berjudul “The Levity Effect:Why it Pays to Lighten Up”, sebuah buku bestseller karya Adrian Gostick.

Buku ini menjelaskan bagaimana kebahagiaan dalam lingkungan kerja bisa memberikan banyak benefit. Baik itu untuk diri karyawan, kelompok atau divisinya hingga bagi perusahaan itu sendiri. Beberapa benefit bahagia di lingkungan kerja diantaranya adalah :

·         Meningkatkan kekompakan dan kerjasama tim

·         Meningkatkan produktifitas dalam bekerja

·         Meningkatkan produktifitas dalam bekerja

·         Meningkatkan kepuasan dan loyalitas karyawan terhadap perusahaan

·         Mendorong kreativitas dan inovasi  yang lebih baik
Hal ini menyadarkan serta mendorong banyak perusahaan untuk menciptakan lingkungan kerja yang menyenangkan. Perusahaan mulai membuat program baik itu kegiatan formal maupun informal secara teratur untuk mengangkat semangat sambil tetap mengingatkan mereka akan nilai-nilai yang menjadi hak dan kewajiban mereka terhadap pekerjaan, kelompoknya, atasan dan perusahaan mereka.

Bagaimana Membuat Lingkungan Kerja Yang Menyenangkan?

Bob Pike, seorang penulis, Trainer sekaligus CEO dari The Bob Pike Group dalam bukunya yang berjudul “The Fun Minute Manager” menjelaskan bahwa ada beberapa kunci pokok yang bisa membuat karyawan bahagia saat bekerja, diantaranya ialah :

1.       Selipkan humor dalam aktivitas bekerja

2.       Games atau challenges

3.       Perayaaan

4.       Kesempatan untuk mengembangkan diri

5.       Apresiasi dan pengakuan atas suatu pencapaian

Dari 5 hal diatas kita bisa menerapkannya ke dalam banyak aktivitas yang kita  sesuaikan dengan kondisi perusahaan masing-masing. Sebagai contoh berikut adalah 11 cara membuat karyawan bahagian di kantor yang pernah dilakukan oleh berbagai perusahaan di dunia :

  1. Pajang Foto Karyawan Secara Berkala

Ide menarik dari sebuah perusahaan di Amerika yang memajang galeri foto karyawan mereka secara berkala. Mereka memasang foto-foto tersebut di sebuah papan besar yang di ruangan kerja. Setiap bulan sekali, foto tersebut diganti temanya. Mulai dari foto candid saat bekerja, foto senyum, hingga foto bayi dari masing-masing karyawan. Tak ayal hal tersebut membuat mereka selalu tersenyum ketika melihatnya.

2. Membuat latihan ataupun turnamen olahraga antar karyawan.

Selain memiliki manfaat pada fisik kita. Olahraga juga ampuh menjadi wadah untuk meningkatkan kekompakan dan mengurangi stress. Kegiatan seperti ini perlu diadakan baik itu secara formal atau resmi diselenggarakan dalam program perusahaan maupun secara informal atas inisitif karyawan di luar jam kerja perusahaan.

3.       Buatlah Sebuah Wall Of Fame

Meskipun bukan hal baru, membuat wall of fame di kantor menjadi hal yang sangat menarik untuk dilakukan saat ini. Jika dulu, wall of fame dibuat hanya sebagai ciri bangunan agar mudah dikenali orang luar. Kini perilaku masyarakat saat ini, yang sangat senang menunjukan eksistensi dirinya melalui social media, wall of fame juga menjadi spot/tempat yang menjadi identitas atau kebanggan dari karyawan yang bekerja disana.

4.       Bunyikan “Success Bell”

Bagi Anda yang pernah menonton film “The Intern” anda pasti tahu bagaimana meriahnya suasana kantor ketika sebuah pencapaian sekecil apapun mendapat apresiasi dari semua orang. Ketika mencetak rekor penjualan, pekerjaan selesai sebelum deadline, bahkan hingga membereskan meja yang tidak pernah rapi sekalipun. “Ting, Ting, Ting” bel berbunyi dan semua bertepuk tangan atas pencapaian Anda.

5.       Siapkan ruangan santai atau hiburan

Meskipun masih menjadi perbincangan tentang apakah hal ini membawa lebih banyak manfaat atau malah membuat karyawan jadi terlena akan tugasnya. Nyatanya beberapa perusahaan tak takut melakukannya. Menyediakan sebuah ruangan atau tempat khusus dimana karyawan bisa bersantai atau menikmati hiburan, sejenak lari dan menenangkan diri dari penatnya pekerjaan.

6.       Dekorasi ruangan yang nyaman dan menyenangkan

Membuat karyawan betah berlama lama di kantor tanpa merasa tertekan apalagi stress bisa dimulai dengan membuat dekorasi ruangan. Tempat yang nyaman bisa membangkitkan mood dan kreativitas. Banyak perusahaan masa kini yang sudah membuktikannya. Sebut saja Google, Facebook, bahkan perusahaan dalam negeri seperti bukalapak dan tokopedia pun melakukannya.

Meksi begitu, membuat dekorasi ruangan yang nyaman dan menyenangkan tidak selalu harus semegah dan unik seperti perusahaan diatas. Sesuaikan saja dengan kemampuan dan kebutuhan karyawan, banyak inspirasi dekorasi yang bisa Anda cari di internet maupun social media seperti pinterest dan instagram.

7.       Lakukan Kegiatan Seni

Seni bisa menjadi terapi. Buatlah sebuah karya seni atau melakukan kegiatan seni bersama teman kantor.. Entah itu menyanyi, bermain musik, hingga yang melukis mural di tembok belakang kantor. Dalam sebuah drama Jepang berjudul “Rich Man Poor Woman” yang menceritakan jatuh bangun sebuah perusahaan start up. Dalam perusahaan tersebut ada sebuah tembok dimana karyawan disana boleh menuliskan harapan, goals hidup, motto dan sebagainya, disertai dengan tanda tangan mereka.

8.       Berikan Ucapan Selamat Ulang Tahun

Semua orang suka diberi perhatian oleh orang di lingkungannya seperti di hari ulang tahunnya. Tidak harus selalu sebuah perayaan yang menghabiskan waktu dan biaya. Ucapan selamat yang tulus disertai senyuman hangat seringkali cukup untuk membuat karyawan merasa dipedulikan dan bermakna bagi rekan kerjanya.

9.       Rayakan Hari Work Anniversaries

Lain halnya dengan ulang tahun, perayaan ini diselenggarakan ketika seorang karyawan telah melalui satu tahun dia bekerja di perusahaan kita. Apresiasi dari perusahaan pada masa ini sangat berarti bagi karyawan tersebut.

10.   Blast Music

Musik seperti mengalirkan sebuah energy bagi yang mendengarnya. Memperdengarkan karyawan kita dengan musik terbukti bisa membangkitkan mood bahkan meningkatkan produktifitas. Perusahaan sekelas Microsoft saja memiliki program mem-blasting music di kantornya setiap jam 3 sore, dimana pada jam tersebut setiap karyawan boleh bernyanyi dan menari dalam beberapa saat.

11.   Buat program  “talent show

Berikan wadah bagai karyawan untuk menunjukan atau mengembangkan minat dan skill lain baik yang berhubungan dengan pekerjaan maupun tidak. Jadikan kantor sebagai tempat untuk sama-sama bertumbuh. Kami sendiri di Cera Production memiliki program “Rabu Pintar” dimana setiap karyawan secara bergilir melakukan sharing tentang ilmu dan pengalamannya tentang suatu topic yang ia sukai. Dari situ karyawan bisa saling memahami dan belajar satu sama lain, yang pada akhirnya tidak menutup kemungkinan bisa terjadi kolaborasi yang baik antar karyawan.

Itulah 11 Cara Membuat Karyawan Bahagia Di Kantor. Semoga Bermanfaat.