INTERMEZO
4 Cara Mengelola Panitia Event Yang Efektif
4 Cara Mengelola Panitia Event Yang Efektif

Membuat suatu event apapun baik itu pertunjukan, seminar atau kegiatan lainnya, panitia event sangat dibutuhkan untuk menjamin kelancaran kegiatan agar bisa berjalan dengan sukses. Dengan pembentukan panitia ini semua proses kegiatan bisa dirancang sebaik mungkin, mulai dari pra-acara, saat berlangsungnya acara, hingga pasca-acara berlangsung.

Salah satu faktor sukses dan tidaknya sebuah acara biasanya juga tergantung dari baik-buruknya panitia event yang dipilih. Personal yang tergabung didalamnya bisa menjadi cerminan atas kualitas event yang diselenggarakan. Untuk itu jangan salah pilih dalam mengatur setiap sumber daya agar bisa berperan sesuai dengan kapasitas yang ada.

Supaya panitia event dapat mengawal acara supaya lancar dan sukses. Berikut tips mengelola panitia event yang efektif yang bisa Anda terapkan :

 

1. Menyiapkan SOP agar berjalan sesuai alur

Membagi panitia dalam beberapa divisi dan memastikan setiap divisi memiliki job-desc yang jelas. Jangan sampai ada anggota tim yang mengalami kebingungan saat menjalankan tugas dan perannya. Menyiapkan SOP yang sesuai dengan tanggung jawab tiap personal (panitia event) sangat penting agar acara yang diselenggara lancar.

 

2. Membuat Key Performance Indicator (KPI)

Key Performance Indicator (KPI) bagi setiap panitia dan divisi terkait dengan acara yang akan diselenggarakan sangat penting untuk disusun, target dari setiap panitia divisi event akan menjadi acuan seberapa sukses penyelenggaraan event dan manajemen event untuk membuat panita bekerja sesuai target dan efektif.

 


Baca Juga :

Mau Event Kamu Sukses Besar? Ikuti Tips Ini

5 Skill Wajib Untuk Jadi Event Manager yang Pro


 

3. Mempersiapkan Plan A & Plan B

Perencanaan sudah sangat matang, tapi hanya karena tempat yang tidak memungkinkan acara kamu jadi batal, pasti nggak mau kan hal itu terjadi? Oleh karena itu, jangan lupa untuk selalu menyiapkan beberapa rencana. Jadi saat rencana A tidak memungkinkan untuk dilakukan, Toppers dan tim masih memiliki rencana B.

 

4. Membuat hiburan dadakan

Disela-sela memanajemen event, ada waktunya Anda membuat sebuah hiburan dadakan yang mampu membuat panitia yang terlibat dalam suatu event menjadi semangat kembali setelah memanajemen event. Hiburan dadakan yang bisa dilakukan seperti flashmob, dll.

Itulah langkah-langkah yang perlu Anda praktekkan agar efektif dalam mengelola panitia event sehingga acara yang diselenggarakan berjalan dengan lancar.

Anda Bingung Memilih Souvenir Untuk Event Dan Tidak Punya Banyak waktu Untuk Browsing?

Segera download katalog harga lengkap seluruh produk kami melalui link dibawah ini :