STRATEGI
4 Hal Penting yang Harus Diperhatikan Tim PR dan Marketing Sebelum Promosi
4 Hal Penting yang Harus Diperhatikan Tim PR dan Marketing Sebelum Promosi

Akhir tahun akan datang sebentar lagi. Bagi perusahaan inilah waktunya merapatkan barisan bersiap membuat rencana-rencana untuk menyambut tahun baru. Pada saat-saat seperti ini, biasanya perusahaan akan mengembangkan usahanya. Salah cara untuk melakukannya adalah dengan berpromosi.

Promosi akhir tahun memang hal yang lumrah dilakukan oleh banyak perusahaan. Mereka berharap dengan melakukan hal seperti ini maka di tahun yang akan datang, perusahaannya semakin dikenal oleh masyarakat luas. Selain itu pemasukan pada perusahaan pun diharapkan akan meningkat. Promosi tersebut dapat berupa merchandise atau souvenir. Sebuah imbalan jasa pun juga dapat digunakan sebagai ajang promosi perusahaan.

Namun, dibandingkan menggunakan jasa atau pelayanan, banyak dari perusahaan yang memilih merchandise atau souvenir. Mengapa? Karena banyak keuntungan yang didapat oleh perusahaan dari penggunaan barang tersebut. Memberi target audience berupa merchandise atau souvenir akan membuat mereka terkesan. Hal tersebut memungkinkan si audience akan mengingat kembali tentang perusahaan Anda. Selain itu juga dapat meningkatkan brand-awareness Anda sendiri.

Nah, untuk menangani masalah promosi yang berhubungan dengan pihak ketiga, bagian seperti Public Relation (PR) atau Marketing merupakan kuncinya. Merekalah yang akan mengeksekusi promosi seperti apa yang  harus dilakukan agar tidak memakan budget perusahaan maupun merugikan perusahaan ketika program sudah dieksekusi.

Oleh karena itu, bagian PR atau Marketing perlu mengetahui beberapa masalah sebelum melakukan promosi. Lalu, apa saja yang harus dilakukan oleh tim tersebut agar program dapat berjalan? Simak penuturannya sebagai berikut.

Pahami Objektif dari Program Perusahaan yang Sedang Dijalankan

Sebelum melakukan sebuah promosi, tim PR atau marketing harus tahu terlebih dahulu mengenai objektif atau tujuan dari diadakannya program tersebut. Pada tahap ini, biasanya menjelang adanya suatu event, perusahaan sudah melakukan rapat bersama seluruh tim. Dari situ, perusahaan akan menentukan tujuan event tersebut.

Mengenali Issue yang Sedang Naik Daun

Sebuah tim PR atau marketing harus mengenali issue apa yang sedang ‘naik daun’ di masyarakat saat event diselenggarakan. Hal ini cukup penting untuk diperhatikan karena menggunakan issue yang sedang booming dapat meningkatkan awareness masyarakat terhadap event perusahaan Anda. Setelah mengetahui semuanya, mereka harus menentukan barang apa yang akan dijadikan sebagai promosi perusahaan. Namun, pilihlah barang yang sesuai dengan issue tersebut agar lebih menarik masyarakat.

Mengumpulkan Data

Pada tahap ini, tim PR atau marketing dapat melakukan brainstorming terlebih dahulu tentang barang yang dipilih sebagai merchandise atau souvenir. Pertama-tama mereka harus menganalisis tujuan event tersebut. Setelah mendapatkan ide atau issue seperti yang telah disebut di atas, tim harus mengidentifikasi satu-persatu mengenai target audience seperti apa, serta apa merchandise yang akan diberikan kepada target audience dan media apa yang sesuai dengan target tersebut.

Tahap inilah yang akan memakan waktu cukup lama. Tim harus memerhatikan pasar secara detail. Salah satunya target audience dari event Anda tersebut. Tim harus menentukan sasaran penerima merchandise atau souvenir tersebut. Mulai dari jenis kelamin, umur, tempat tinggal hingga pekerjaan mereka sebaiknya ditentukan terlebih dahulu agar mempermudah tim dalam memilih jenis souvenir.

Apabila sudah mengetahui hal tersebut dan issue yang ada, tentukan merchandise apa yang akan diberikan. Untuk memilihnya, tim juga tak boleh mengabaikan mengenai desain produknya, bahan yang dipakai, serta harga yang akan dikeluarkan.

Mencari Vendor yang Terpercaya

Inilah tahap yang bisa dibilang cukup gambling. Jika tim marketing maupun PR tidak pandai menghitung, bisa-bisa anggaran akan melambung di luar ekspektasi. Oleh sebab itu, mencari vendor yang terpercaya dapat menjadi solusinya. Namun, hal yang harus diingat kembali adalah tidak semua vendor dapat menerima pesanan yang Anda inginkan. Banyak vendor yang hanya memiliki nama namun kualitas produknya pun masih di bawah rata-rata, maupun sebaliknya. Jadi, pilihlah dengan cermat vendor mana yang dapat memenuhi kebutuhan Anda.

Pada akhirnya, apapun medianya, sebuah souvenir promosi dari perusahaan Anda tetap akan membantu audience mengenal dan tahu mengenai jenis bisnis Anda. Hanya saja dalam proses mendapatkan sebuah souvenir itu diperlukan perencanaan yang matang agar tidak salah pilih oleh tim PR atau marketing dalam perusahaan. Jika Anda menemukan kesulitan dalam menentukan dan mendapatkan souvenir untuk bisnis Anda, yuk, #TanyaCera saja!