BERITA
4 Rahasia Membuat Stand Diserbu Pengunjung Saat Mengikuti Pameran
4 Rahasia Membuat Stand Diserbu Pengunjung Saat Mengikuti Pameran

Mengikuti sebuah pameran, bazzar, expo atau kegiatan sejenis lainnya sudah menjadi salah satu aktivitas pemasaran yang lazim dilakukan oleh sebuah perusahaan. Meskipun hanya berlangsung beberapa hari atau beberapa minggu. Mengikuti sebuah pameran perlu banyak persiapan mulai dari desain stand/booth, banner, brosur, display produk hingga souvenir perusahaan.

Salah satu keuntungan dalam mengikuti pameran ialah kita mendapatkan jumlah pengunjung yang banyak dalam waktu yang singkat. Karena di hari biasa  sebuah toko mungkin hanya dikunjungi oleh puluhan hingga ratusan orang per hari. Namun dalam sebuah pameran, potensi pengunjung bisa sampai ribuan.

Potensi inilah yang akhirnya menjadi motif atau tujuan perusahaan mengikuti pameran. Seperti diantaranya mengenalkan produk dan brand baru, memperkuat branding produk ataupun perusahaan, menjalin hubungan baik dengan konsumen (customer service), mencari partner bisnis dan investor, meningkatkan penjualan dan lain sebagainya.

Namun mengikuti pameran juga memiliki tantangan yang tidak mudah. Yaitu bagaimana caranya agar pengunjung tertarik untuk datang dan berinteraksi di stand perusahaan kita?. Karena tidak jarang meskipun pengunjung pameran banyak, namun yang datang dan berinteraksi di suatu stand sedikit.  Maka dari itu, kita perlu memikirkan rencana dan strategi agar stand perusahaan kita ramai dikunjungi.

 

4 Rahasia Membuat Stand Diserbu Pengunjung Saat Mengikuti Pameran

Mengamati dan belajar dari perusahaan yang sukses dalam melakukan pemasaran melalui pameran. Berikut ini adalah 5 Rahasia Membuat Stand Perusahaan Kita Diserbu Pengunjung Saat Mengikuti Pameran :

1. Lokasi Stand

Lokasi menentukan prestasi. Guyonan artis Fitri Tropica ini memang syarat akan makna, terlebih dalam hal mengikuti pameran. Lokasi stand yang strategis memberikan pengaruh yang cukup besar terhadap tingkat keramaian suatu stand. Maka usahakanlah kita mendapatkan stand yang paling sering dilewati oleh pengunjung.

Menurut pengalaman dan pengamatan kami, lokasi stand didepan pintu, dekat dengan panggung dan lokasi hook biasanya menjadi tempat yang paling strategis dalam sebuah pameran. Dan biasanya lokasi-lokasi tersebut juga dibanderoll dengan harga yang berbeda karena banyak peminatnya. Namun terkadang tempat yang strategis di suatu pameran juga berbeda-beda. Sehingga sebaiknya kita berdiskusi dulu dengan pihak penyelenggara ataupun peserta pameran lain yang sudah pernah mengikuti pameran tersebut.

 

2. Tampilan dan Desain Stand/Booth

Jadilah yang paling beda dan mencolok, dengan begitu stand kita mudah ditemukan dan menarik perhatian. Namun yang lebih penting daripada sekedar terlihat mencolok adalah tampil sesuai jati diri brand perusahaan itu sendiri. Dengan kata lain, segala hal yang berkaitan dengan desain dan tampilan stand kita diatur dan dibuat sedemikian rupa agar tetap selaras dan serasi sesuai identity dari brand perusahaan. Mulai dari warna, logo, font tulisan, hingga berbagai ornamen lainnya.

Tips penting lainnya dalam memperindah stand ialah :

  • Pencahayaan yang pas
  • Display produk yang menggoda
  • Penjaga stand yang rapih, menarik dan ramah
  • Berikan ruang atau space pengunjung
  • Jaga kebersihan dan kerapihan stand selama pameran

 

3. Promo Khusus

Mengikuti pameran adalah sebuah momentum bagi perusahaan dimana ada lonjakan pengunjuang atau orang yang melihat dan berinteraksi dengan perusahaan Anda. Maka jangan sia-siakan kesempatan ini untuk menggenjot angka penjualan. Terlebih bagi Anda yang memang sejak awal memiliki tujuan untuk meraup keuntungan dari penjualan selama pameran.

Buatlah program promosi khusus selama pameran untuk merangsang daya beli konsumen. Mulai dari free testing, bundling atau harga paket, diskon spesial hingga bonus atau hadiah tertentu.

Kemudian agar informasi tentang program ini diketahui pengunjung pameran maka beberapa hal yang bisa kita lakukan adalah :

  • Memasang papan atau tulisan diskon besar di stand/booth
  • Membagikan informasi ini di sosial media perusahaan bahkan jika perlu memasang iklan berbayar seperti Facebook Ads untuk mengiklankan program promosi ini. Cara seperti ini sudah banyak dilakukan oleh beberapa perusahaan dan terbukti cukup berhasil dari mendatangkan masa.
  • Membagikan brosur atau selebaran tentang program promosi stand kita di area pintu masuk atau dekat loket. Jika memungkinkan sekalian saja kita bekerjasama dengan panitia untuk membagikan brosur tersebut oleh bagian ticketing.
  • Menugaskan seorang Sandwhich Man, yaitu seseorang yang membawa papan promosi di tubuhnya lalu berkeliling di area pameran

 

4. Membagikan Merchandise atau Souvenir Perusahaan

Sadarkah Anda bahwa seringkali stand-stand yang ramai didatangi oleh pengunjung pameran ialah stand yang memiliki program menarik seperti pemberian souvenir perusahaan. Terlebih jika produk perusahaan kita bukanlah produk yang bisa langsung dibeli atau dirasakan hasilnya seperti makanan atau pakaian.

Coba bayangkan bagaiamana jika perusahaan kita adalah perusahaan yang menjual produk berupa sofware/aplikasi, jasa, mesin, alat berat dan lain sebagainya. Bagaimana kita menarik pengunjung untuk mau singgah dan berinteraksi dengan perusahaan kita. Membuat mereka mengenal dan mau tahu tentang perusahaan kita?. Nah, disinilah souvenir perusahaan bisa sangat berperan.

Souvenir perusahaan bisa menjadi tanda #TerimaKasih sekaligus kenang-kenangan kita bagi pengunjung yang sudah datang, bertanya dan berinteraksi dengan perusahaan. Bisa juga souvenir perusahaan tersebut kita kombinasikan games atau challenge tertentu sebagai hadiah. Hal ini terbukti dapat menarik perhatian pengunjung pameran. Lebih dari itu, souvenir perusahaan tersebut pada akhirnya melanjutkan tugasnya sebagai media promosi, yakni mengingatkan penerimanya terhadap perusahaan kita.

 

Tips Bonus :

Tips ini mungkin tidak termasuk dalam rahasia meramaikan stand saat pameran. Namun tips ini sangat berpengaruh dalam memaksimalkan hasil atau dampak dari pameran. Apa itu?

Siapkan Kartu Nama dan Brosur

Durasi sebuah event pameran biasanya tidak terlalu lama, rata-rata 3-5 hari saja. Untuk itu sayang sekali jika kita hanya menggantungkan aktivitas promosi hanya pada saat pameran. Bagaimana caranya agar kita bisa mendapatkan penjualan terus menerus setelah pameran?. Salah satunya ialah dengan menyebarkan brosur dan kartu nama.

Seringkali kedua senjata ini menunjukan keampuhannya setelah sebuah event pameran selesai. Penjualan susulan baik dari pengunjung yang sebelumnya sudah membeli atau pun yang pada saat pameran belum membeli. Pemberian brosur dan kartu nama ini akan lebih powerfull apabila digabungkan dengan pemberian souvenir perusahaan seperti yang dijelaskan di poin empat.

Demikian artikel kali ini semoga bermanfaat.