Primary Navigation

5 Kiat Komunikasi Efektif Setiap Hari di Tempat Kerja

Tidak peduli pekerjaan atau tempat kerja Anda, komunikasi efektif di kantor adalah suatu keharusan untuk sukses. Berkomunikasi efektif dengan orang-orang setiap hari akan membuat pekerjaan lebih menyenangkan dan menginspirasi. Namun, banyak diantara kita yang menganggap berkomunikasi dengan orang-orang adalah hal sulit sekaligus tantangan.

Membangun hubungan dengan rekan kerja Anda memicu kesuksesan bagi Anda di tempat kerja

Komunikasi terdiri dari dua jenis yaitu komunikasi verbal dan non verbal. Komunikasi verbal merupakan salah satu bentuk komunikasi yang disampaikan oleh komunikator kepada komunikan secara lisan maupun tertulis. Dengan model komunikasi verbal ini, diharapkan para pendengar atau pembaca bisa memahami dengan mudah apa pesan yang dimaksud.

Komunikasi non verbal adalah bentuk komunikasi yang disampaikan oleh komunikator kepada komunikan tidak menggunakan kata-kata, melainkan menggunakan bahasa isyarat, lambang-lambang, ekspresi wajah, dan lain sebagainya. Dengan begitu seorang komunikan dapat menyimpulkan apa arti dari bahasa isyarat atau lambang atau ekspresi wajah yang dimaksudkan oleh komunikator.

Berkomunikasi dengan orang lain secara efektif adalah keterampilan yang dapat Anda pelajari. Inilah cara bagaimana bisa menjadi sukses dalam berkomunikasi dengan orang-orang di tempat kerja.

1. Percaya dan Dipercaya

Kepercayaan adalah landasan ketika berurusan dengan orang-orang yang saling bergantung di tempat kerja. Kepercayaan membentuk fondasi untuk komunikasi yang efektif, hubungan interpersonal positif, dan motivasi karyawan serta kontribusi energi diskresi, upaya ekstra yang diinvestasikan secara sukarela oleh orang-orang dalam pekerjaan. Dalam berurusan dengan orang, kepercayaan sangat penting untuk membentuk hubungan yang mendukung yang memungkinkan pencapaian dan kemajuan.

2. Berikan Feedback yang Memberikan Dampak

Umpan balik dikomunikasikan kepada seseorang atau tim orang mengenai efek perilaku mereka terhadap orang lain, organisasi, pelanggan, atau tim. Buat umpan balik Anda memiliki dampak yang layak dengan cara dan pendekatan yang Anda gunakan untuk menyampaikan umpan balik.

3. Menerima Feedback dengan Baik

Jika mereka pikir Anda akan menghargai feedback mereka, Anda akan mendapatkan lebih banyak. Feedback obyektif dari orang lain yang peduli pada Anda dapat merangsang produktivitas atau mengkonfirmasi bahwa Anda berada di jalur yang benar. Feedback memungkinkan Anda untuk menyesuaikan diri dalam menghadapi situasi dan tantangan di tempat kerja.

4. Perlihatkan Apresiasi

Anda dapat memberi tahu kolega, rekan kerja, dan karyawan betapa Anda menghargai mereka dan kontribusi mereka setiap hari. Kejutan kecil dan tanda penghargaan seperti outbond karyawan, atau hadiah teman kantor setahun sekali dapat membuat mereka merasa dihargai.

5. Atasi Rasa Takut Konfrontasi dan Konflik

Konfrontasi yang berarti tidak pernah mudah, tetapi konflik sering kali perlu jika Anda ingin mempertahankan hak-hak Anda di tempat kerja. Apakah konfrontasi itu karena kredit bersama, kebiasaan rekan kerja yang menjengkelkan, pendekatan, atau tentang bagaimana menjaga proyek tetap pada jalurnya, kadang-kadang Anda perlu mengadakan konfrontasi dengan rekan kerja. Cari tahu bagaimana menangani konflik  di tempat kerja dengan mudah dan positif.