6 Alasan Utama Mengapa Souvenir Perusahaan Adalah Media Promosi Yang Efektif

6 Alasan Utama Mengapa Souvenir Perusahaan Adalah Media Promosi Yang Efektif

Sepintas kita mungkin pernah berpikir bahwa membagi-bagikan souvenir perusahaan adalah kegiatan yang buang-buang anggaran. Karena pada umumnya melakukan promosi menggunakan merchandise atau souvenir tidak secara langsung dapat meningkatkan penjualan dan laba. Terlebih tren pemasaran digital yang saat ini semakin populer, membuat beberapa orang berpendapat bahwa promosi di media konvensional seperti melalui souvenir perusahaan tidak lagi efektif.

Memahami bagaimana souvenir perusahaan menjadi media promsoi yang efektif

Sebelum lebih jauh, mari kita samakan presepi tentang seperti apa pemasaran yang efektif itu? Dalam definisi sederhana kami, efektif ialah usaha mendapatkan hasil semaksimal mungkin dengan sumber daya tertentu. Sumber daya yang dimaksud dapat berupa modal (uang), tenaga, ide dan sebagainya. Berbeda dengan efisien, dimana kita berusaha mengeluarkan sumber daya seminimal mungkin untuk mendapat hasil tertentu.

Maka suatu program pemasaran bisa dikatakan lebih efektif  jika dengan sumber daya yang sama namun bisa mencapai hasil yang lebih banyak atau lebih baik. Maka sebenarnya kami sangat setuju dengan pernyataan bahwa pemasaran digital sangat membantu dalam aktivitas pemasaran di era seperti sekarang ini. Karena pemasaran digital terbukti dapat menjangkau target audiens yang lebih luas, cepat dan mudah. Namun apakah selalu efektif?

Perlu kita sadari bahwa nyatanya pemasaran digital belum sepenuhnya dapat menggantikan beberapa hal yang dimiliki oleh pemasaran konvesional seperti souvenir perusahaan. Tidak semua hal bisa dinikmati secara digital, brand perlu menggunakan media lain yang dapat berinteraksi langsung dengan konsumennya. Karena sebuah brand loyalty biasanya tercipta dari sebuah experience yang dirasakan langsung oleh konsumennya.

Maka dari itu baik pemasaran digital dan konvensional sebenarnya bukan sesuatu yang harus diperdebatkan tentang mana yang lebih efektif. Karena sejatinya kedua media ini saling melengkapi satu sama lain. Hanya saja bagaimana menentukan atau memilih media promosi yang yang paling efektif dalam satu situasi, itulah yang harus kita pahami dengan teliti. Dari situ kita bisa menemukan media mana yang lebih baik kita gunakan dan atau media apa saja yang bisa kita kombinasikan baik itu digital maupun konvensional.

Inilah 6 Alasan Utama Mengapa Souvenir Perusahaan Adalah Media Promosi Yang Efektif

Salah satu media pemasaran konvesional yang efektif sampai saat ini ialah souvenir perusahaan. Mengapa dikatakan efektif? Karena souvenir perusahaan memiliki karakter dan keunggulan yang unik dari media promosi lainnya, seperti diantaranya :

1.      Kedekatan Secara Personal

Souvenir perusahaan bisa berupa benda-benda yang hadir hingga sisi paling personal bagi konsumen kita. Yaitu suatu benda yang sering terlihat dan sering digunakan oleh dalam kehidupan sehari-harinya. Souvenir perusahaan tersebut mungkin tidak bisa secara langsung berbicara dan menyampaikan penawaran Anda. Namun souvenir perusahaan dapat menyampaikan pesan secara implisit ke dalam benak konsumen.

Misalkan saja, bisnis kita bergerak di bidang kesehatan dan target konsumen kita adalah seorang yang sering berolahraga. Maka pesan promosi tentang kesehatan dari brand kita bisa disampaikan melalui sebuah merchandise atau souvenir berupa tumbler atau wadah air minum.

2.      Repetisi Brand

Dalam strategi branding, dikenal sebuah istilah yang disebut brand repetition. Kurang lebih maksudnya adalah strategi untuk menancapkan sebuah brand dengan cara menampilkan brand di benak konsumen secara berulang kali. Contohnya hal seperti ini yang biasa dilakukan oleh brand-brand besar yang logonya dipasang di running teks lapangan bola seperti FA Cup. Atau ada pula brand perusahaan roti yang berjualan dengan berkeliling kompleks sembari memutar jingle-nya.

Repetisi-repetisi yang terlihat, terdengar dan dirasakan konsumen terbukti berhasil dalam menanamkan brand awareness di alam bawah sadar konsumen. Hal yang sama pun bisa kita lakukan melalui souvenir perusahaan. Saat brand kita melekat pada benda-benda yang terlihat dan digunakan oleh mereka. Tanpa sadar brand kita pun menancap di alam bawah sadarnya.

3.      Fungsional

Salah satu karakter konsumen di era sekarang ini ialah malas dijuali. Mereka sudah cukup bosan mendengar kalimat penawaran atau pun iklan dari berbagai tempat. Sehingga saat ini brand perlu lebih halus dan kreatif dalam melakukan promosi. Bagaimana caranya agar strategi dan media promosi yang dipilih dapat menyampaikan pesan dan tetap menarik bagi target audiens, namun tidak terkesan hard selling.

Dan memilih souvenir perusahaan yang fungsional dan bermanfaat bagi konsumen ini bisa jadi pilihan tepat. Mereka tentu akan dengan senang hati menerima souvenir perusahaan yang kita berikan. Dan tentunya akan digunakan sesuai fungsi dan manfaat dari souvenir tersebut.

4.   Tahan Lama

Setiap media promosi memiliki durasi. Beriklan di TV rata-rata hanya 30 detik sekali tayang, atau paling maksimal berapa menit perhari. Membuat sebuah event untuk promosi pun maksimal hanya bisa beberapa hari saja. Membuat status atau postingan di sosial media, bisa diperkirakan sendiri berapa lama ia akan bertahan di timeline dan masih mengundang interaksi. Kesimpulannya media-media diatas rata-rata memiliki durasi yang relatif singkat.

Souvenir perusahaan? Selama barang itu masih berfungsi dan digunakan maka selama itu pula souvenir tersebut menjadi media promosi kita. Itulah kelebihan media ini dibanding lainnya.

Kita ambil contoh sederhananya ialah kalender, dengan membuat souvenir kalender setidaknya selama satu tahun souvenir perusahaan ini bisa menjadi agen penyampai pesan promosi kita terhadap konsumen.

5.   Lebih Ekonomis

Soal harga mungkin suatu yang relatif bagi sebagian orang. Namun seperti yang disinggung dalam point sebelumnya, jika kita menggunakan media TV untuk iklan 30 detik saja mungkin puluhan juta harus kita keluarkan. Atau media yang sekarang sedang populer yaitu facebook ads dan google ads. Berapa ratus ribu yang harus kita keluarkan perhari untuk mendapatkan hasil terbaik. Souvenir perusahaan? Dengan harga belasan hingga puluhan ribu saja, kita bisa berpromosi untuk sekian bulan lamanya.

6.      Bebas Pajak

Satu hal yang menarik dari menggunakan souvenir perusahaan sebagai media promosi ialah biaya promosi ini bebas pajak. Perlu diketahui bahwa setiap penggunaan media tertentu akan dikenakan nilai pajak. Namun sejauh ini membagikan souvenir perusahaan tidak dikenakan pajak tambahan, sehingga anggaran promosi Anda bisa lebih hemat dan tidak direpotkan dengan masalah pajak.

Summary
6 Alasan Utama Mengapa Souvenir Perusahaan Adalah Media Promosi Yang Efektif
Article Name
6 Alasan Utama Mengapa Souvenir Perusahaan Adalah Media Promosi Yang Efektif
Description
Inilah 6 Alasan Utama Mengapa Souvenir Perusahaan Adalah Media Promosi Yang Efektif