INTERMEZO
7 Ide Acara Kantor Yang Kreatif Dan Bikin Karyawan Betah Di Kantor
7 Ide Acara Kantor Yang Kreatif Dan Bikin Karyawan Betah Di Kantor

Bekerja. Mendengar kata tersebut sebagian orang langsung terbayang berbagai aktivitas yang memeras energi fisik maupun pikiran. Ketika ditanya apakah Anda bahagia di kantor? Perlu waktu beberapa saat untuk menjawab pertanyaan tersebut dengan jujur. Karena tidak dipungkiri, sebagian besar masih merasakan lebih banyak serius dan tertekannya daripada bahagianya saat di kantor.

Lalu Bagaimana Membuat Lingkungan Kerja Yang Menyenangkan?

Bob Pike, seorang penulis, Trainer sekaligus CEO dari The Bob Pike Group dalam bukunya yang berjudul “The Fun Minute Manager” menjelaskan bahwa ada beberapa kunci pokok yang bisa membuat karyawan bahagia saat bekerja, diantaranya ialah :

  1. Selipkan humor dalam aktivitas bekerja
  2. Games atau challenges
  3. Perayaaan
  4. Kesempatan untuk mengembangkan diri
  5. Apresiasi dan pengakuan atas suatu pencapaian

Dari 5 hal diatas kita bisa menerapkannya ke dalam banyak aktivitas yang kita sesuaikan dengan kondisi perusahaan masing-masing.

Sebagai contoh berikut adalah 7 ide acara kantor yang kreatif dan bikin karyawan betah di kantor :

1. Game Rutin

Mengadakan game rutin juga ampuh menjadi wadah untuk meningkatkan kekompakan dan mengurangi stress. Kegiatan seperti ini perlu diadakan baik itu secara formal atau resmi diselenggarakan dalam program perusahaan maupun secara informal atas inisitif karyawan di luar jam kerja perusahaan.

2. Sambang Sohib

Bersilaturahmi atau mengunjungi rumah antar rekan kerja diyakini mampu meningkatkan tali silaturahmi antar karyawan dengan perusahaan, sekaligus menjadikan rasa kekompakan terjalin disetiap karyawan sehingga karyawan semakin betah untuk bekerja di kantor.

3. Outbound Bersama

Selain memiliki manfaat pada fisik kita. Mengadakan outbound bersama juga ampuh menjadi wadah untuk meningkatkan kekompakan dan mengurangi stress.

4. Plesir Bulanan Bersama Tim

Membuat karyawan betah di kantor bisa dengan mengadakan plesir bulanan bersama tim. Plesir ketempat yang nyaman bisa membangkitkan mood dan kreativitas.

5. Pesta Kostum

Buatlah sebuah pesta bersama di kantor. Bisa dengan mengadakan pesta kostum. Dalam sebuah drama Jepang berjudul “Rich Man Poor Woman” yang menceritakan jatuh bangun sebuah perusahaan start up. Dalam perusahaan tersebut mengadakan sebuah pesta kostum yang bertujuan untuk mengasah kreativitas antar karyawan serta dapat mengurangi tingkat stress karyawan di kantor.

6. Tukar Hadiah

Semua orang suka diberi perhatian terutama diberikan hadiah oleh orang di lingkungannya seperti di lingkungan kantor. Saling tukar hadiah bisa membuat karyawan merasa dipedulikan dan bermakna bagi rekan kerjanya sehingga kerjasama antar karyawan semakin solid.

7. Buat program “Sharing Session”

Berikan wadah bagi karyawan untuk menunjukan atau mengembangkan minat dan skill lain baik yang berhubungan dengan pekerjaan maupun tidak. Jadikan kantor sebagai tempat untuk sama-sama bertumbuh.

Itulah 7 Ide acara kantor yang kreatif dan bikin karyawan betah di kantor. Semoga Bermanfaat.