Alternatif Bahan Membungkus Hadiah yang Lebih Ramah Lingkungan

Belakangan, isu kesadaran lingkungan semakin sering dibicarakan. Salah satu hambatan yang menghadang adalah semakin populernya berbelanja online. Risiko yang timbul dari belanja online adalah banyaknya sampah pengemasan yang harus timbul dalam pengiriman. 

Namun demikian, permasalahan dengan pengemasan tidak berhenti di situ. Dalam pengemasan hadiah juga menjadi permasalahan. Kertas kado yang gemerlap ternyata sulit untuk diurai oleh bumi. Kertas kado umumnya glossy dan glittery mengandung lapisan plastik yang berarti tidak cukup ramah untuk kelestarian bumi.

Lalu apakah ada alternatif untuk membungkus hadiah tanpa menghasilkan sampah bagi bumi? Tentu saja ada, simak alternatif bahan pembungkus hadiah yang lebih ramah bagi lingkungan di bawah ini.

Gunakan bahan daur ulang

Salah satu kunci ramah lingkungan adalah kesediaan menggunakan bahan daur ulang.
Salah satu prinsip lingkungan adalah recycle

Menggunakan bahan daur ulang juga termasuk dalam rangka mendukung gerakan untuk mencintai bumi ini. Saat ini, ada banyak corak kertas daur ulang yang unik untuk membungkus hadiah. 

Namun bukan hanya kertas, manfaatkan juga kemasan selai dan kotak kemasan lucu yang pernah Anda terima. Dengan sedikit sentuhan kreativitas, kemasan-kemasan ini bisa terlihat cantik kembali.

Thrifting

Thrifting menjadi salah satu cara untuk melakukan reuse.
Prinsip kedua untuk menjadi ramah lingkungan, reuse.

Istilah ini sering digunakan untuk kegiatan membeli barang bekas pakai. Meskipun istilah ini lebih sering digunakan untuk membeli baju, tak ada salahnya juga menggunakan cara ini untuk menemukan aksesoris di bungkus hadiahmu.

Kunjungi toko barang antik yang biasanya selalu dimiliki setiap kota, temukan “harta karun” tersembunyi di sana. Ada banyak jenis bahan yang bisa ditemukan seperti ornamen, syal, bros, kartu ucapan jadul hingga peta jadul. Selain memberikan sentuhan vintage, menggunakan aksesoris hasil thrifting untuk mempermanis hadiahmu juga bisa lebih hemat.

Dukung pengrajin lokal, yang menerapkan proses produksi yang etis dan berkelanjutan

Bangga gunakan produk lokal.
Menggunakan produk lokal berarti mengurangi produksi karbon yang mungkin terjadi selama proses distribusi.

Dengan mendukung pengrajin atau produsen lokal saja, kita sudah bisa mengurangi jejak karbon yang terjadi selama distribusi. Semakin pendek rantai distribusi, makin sedikit emisi karbon yang dihasilkan. Apalagi ditambah dengan memilih pengrajin yang memiliki kesadaran untuk melakukan produksi secara etis dan memiliki visi berkelanjutan.

Memilih untuk beralih ke pengemasan yang lebih ramah lingkungan mungkin bukan hal yang mudah, apalagi saat ini belanja online menjadi kebiasaan baru. Padahal kemasan plastik berlapis menjadi salah satu cara untuk menghindarkan kerusakan barang selama dalam proses pengiriman. Memikirkan pengemasan yang lebih ramah lingkungan juga mestinya menjadi fokus untuk para pegiat toko online.

Namun demikian, tak ada salahnya jika kita mulai dengan langkah kecil dari diri kita sendiri: memilih kemasan hadiah yang terbuat dari bahan ramah lingkungan untuk kesayangan.