INTERMEZO
Divisi Promosi, Humas Hingga CEO Wajib Paham Ini, Karena “Tidak Semua Hal Dapat Dinikmati Secara Digital”
Divisi Promosi, Humas Hingga CEO Wajib Paham Ini, Karena “Tidak Semua Hal Dapat Dinikmati Secara Digital”

Salah satu poin yang membuat sebuah perusahaan dapat “berumur panjang” adalah bagaimana menjaga hubungan baik dengan seluruh pihak yang berkaitan dengan perkembangan perusahaan. Mulai dari relasi bisnis hingga target audiens dari perusahaan tersebut. Berpromosi merupakan salah satu bentuk kegiatan agar perusahaan tetap hadir lebih dekat dengan konsumennya. Di sisi lain kegiatan promosi tersebut juga dilakukan untuk menjaga persaingan dengan kompetitor perusahaan. Seiring perkembangan industri, metode dalam kegiatan promosi mempunyai tujuan beragam untuk memenangkan perhatian hingga loyalitas dari masing-masing konsumen.

Digital media yang merupakan buah dari perkembangan sektor teknologi juga ikut “mempercantik” dalam melakukan kegiatan promosi perusahaan. Bahkan jika perusahaan tidak segera hadir dan aktif berpromosi menggunakan digital media, bisa dikatakan mereka akan kehilangan hampir 80% potential next buyer. Di tengah hingar bingar persaingan promosi menggunakan digital media, ada satu hal yang wajib menjadi renungan bagi divisi promosi, humas bahkan hingga CEO yaitu “Tidak Semua Hal Dapat Dinikmati Secara Digital”. Promosi bertujuan untuk mendekatkan hubungan antara perusahaan dengan konsumen. Oleh karena itu, jangan sampai lalai hanya dengan terus-menerus mengikuti tren teknologi terutama penggunaan digital media. Sebuah media promosi yang dapat hadir lebih dekat dengan setiap konsumen, tidak hanya sebatas dunia digital, masih tetap diperlukan.

Digital Media Tawarkan Kemudahan Memantau Anggaran Promosi

Kehadiran sebuah teknologi tentu menawarkan kemudahan bagi setiap penggunanya. Tidak terkecuali penggunaaan digital media dalam kegiatan promosi perusahaan. Salah satu kemudahaan yang ditawarkan digital media dalam kegiatan promosi terletak pada kegiatan memantau anggaran promosi yang dikeluarkan. Mengambil contoh aktivitas promosi perusahaan menggunakan social media, ketika ingin pesannya menjangkau lebih banyak konsumen, Anda dapat menggunakan fitur ads dan memasukkan anggaran yang diinginkan. Saat pesan itu direspon lebih banyak konsumen, maka perusahaan juga dapat dengan mudah memantau anggaran apakah sesuai dengan yang direncakan atau tidak. Jika ternyata anggaran yang dikeluarkan melebihi dari batas minimal yang direncanakan, saat itu juga dapat dengan mudah menghentikan aktivitas iklan tersebut.

Meskipun banyak kemudahan yang ditawarkan digital media, namun hal itu justru bisa membuat para pengambil keputusan dibagian promosi, humas bahkan CEO kurang peka dan ceroboh dalam menganalisis kegiatan promosi yang dilakukan. Apakah kegiatan promosi melalui iklan itu sesuai dengan karakter konsumen Anda? Apakah melalui kegiatan promosi tersebut konsumen merasa lebih dekat dengan perusahaan? Apakah melalui aktivitas promosi tersebut perusahaan dapat menyampaikan pesan secara maksimal dan pesan tersebut dapat hadir secara continue hingga tercipta brand loyalty terhadap perusahaan?

Hal-hal itu sering terlewatkan sebab ketika menggunakan digital media, Key Performance Indicator (KPI) hanya berkutat pada reach (jangkauan), dan engagement (like, share, comment) saja. Sementara kesuksesan sebuah program promosi tidak hanya diukur dari sisi digital atau online saja namun juga integrasi antara offline dan online.

Solusi Ketika “Tidak Semua Hal Dapat Dinikmati Secara Digital”

Sebelumnya Anda sendiri harus menjawab pertanyaan ini, "apa yang anda rasakan ketika mengikuti sebuah acara seminar yang diselenggarakan oleh perusahaan dan mendapatkan sebuah sertifikat atau kenang-kenangan dari acara tersebut, namun ternyata sertifikat dan kenang-kenangan tersebut dalam bentuk digital?" Dapat dipastikan sebagian besar orang akan memberikan respon negatif terhadap acara hingga perusahaan yang menyelenggarakannya.

Dalam program promosi perusahaan apapun itu bentuknya, special media perlu hadir untuk dapat memberikan dampak positif di hadapan konsumen. Salah satu special media yang dapat menjadi solusi adalah souvenir yang wajib dihadirkan oleh perusahaan. Lengkapi souvenir tersebut dengan menawarkan berbagai benefit menarik yang tentunya akan membuat divisi promosi hingga CEO pun berpikir dua kali untuk “meremehkan” adanya souvenir perusahaan.

5 Benefit yang Akan Menguntungkan Perusahaan

Setidaknya ada lima keunggulan yang dimiliki souvenir promosi sehingga dapat memaksimalkan program promosi Anda. Lima keunggulan souvenir promosi tersebut antara lain:

1. Memiliki Kedekatan Personal

Media promosi yang baik adalah yang dapat hadir hingga menyentuh sisi paling personal setiap konsumen. Pesan promosi yang disampaikan juga dapat semakin personal ketika media yang digunakan sangat dekat dengan seorang konsumen. Contohnya, apabila konsumen Anda adalah orang yang hobi berolahraga dan sangat menjaga kesehatan, maka pesan promosi Anda tentang kesehatan yang dikemas dengan souvenir tumbler tentu akan sangat menarik dan menyentuh sisi personal dari konsumen tersebut.

 

2. Fungsional

Media promosi yang efektif adalah ketika media tersebut tidak terlihat dan tidak terasa seperti media promosi. Orang-orang terkadang kurang nyaman bila sebuah brand berpromosi secara hard selling. Media promosi hard selling kadang menjadi sesuatu yang menggangu konsumen. Jika media promosi tersebut mempunyai fungsi yang dibutuhkan oleh konsumen, maka dengan senang hati para konsumen menggunakan media promosi tersebut. Jadi, menggunakan souvenir promosi akan memilki nilai fungsional sehingga promosi Anda akan menjadi lebih viral.

 

3. Tahan Lebih Lama

Souvenir yang digunakan perusahaan sebagai media promosi tentu memiliki daya tahan lebih lama. Daya tahan yang lama tersebut akan menghemat anggaran promosi perusahaan namun tetap dapat berpromosi secara maksimal pada konsumen yang menerima souvenir perusahaan tersebut.

 

4. Memiliki Harga Ekonomis

Jika dibandingkan berpromosi menggunakan media televisi dan beberapa media konvensional lainnya, souvenir promosi termasuk media promosi yang memiliki harga lebih murah. Souvenir promosi tersedia dalam berbagai bentuk dan masing-masing bentuk memiliki harga yang ekonomis. Tentunya hal tersebut bisa menjadi keunggulan yang menarik bagi perusahaan.

 

5. Souvenir Perusahaan Bebas Pajak

Setiap program promosi hingga penggunaan media akan mempunyai nilai pajak tersendiri. Nilai pajak yang paling terasa adalah setiap penanyangan promosi pada media yang digunakan. Namun, jika Anda berpromosi dengan menggunakan media souvenir perusahaan tidak akan dikenai pajak.

 

Menjadikan souvenir perusahaan sebagai penyeimbang aktivitas promosi menggunakan digital media tidak dapat dianggap sebagai perkara yang mudah. Sama halnya ketika menggunakan digital media, banyak persiapan hingga analisa mendalam untuk menentukan pilihan yang tepat akan menggunakan channel mana. Justru hal lebih kompleks akan ditemui perusahaan ketika ingin menghadirkan souvenir perusahaan sebagai media promosi. Mulai dari penentuan jenis souvenir, desain yang digunakan hingga hitungan-hitungan biaya produksi agar pihak perusahaan tidak dirugikan.

Salah satu hal yang rumit tentu saja terletak pada hitungan biaya produksi yang harus dicermati oleh perusahaan. Sebab biaya itu yang nantinya akan dijadikan acuan setiap pieces souvenir mempunyai harga berapa dan sesuai atau tidak dengan biaya seluruh program promosi yang telah dirancang. Jika Anda tidak ingin menghabiskan tenaga dan pikiran hanya berkutat pada rumus hitungan biaya produksi souvenir perusahaan untuk mendapatkan harga yang ekonomis, #TanyaCERA sekarang juga dan dapatkan segala hitungan setiap souvenir perusahaan yang sedang Anda butuhkan.