INTERMEZO
Habis Reuni Terbitlah Sampah! Ubah Kebiasaan Reuni Anda dengan Konsep Reuni Bebas Sampah
Habis Reuni Terbitlah Sampah! Ubah Kebiasaan Reuni Anda dengan Konsep Reuni Bebas Sampah

Bagi sebagian orang, reuni menjadi salah satu bagian yang penting saat masa liburan panjang, karena banyak dari kita memanfaatkan masa liburan akhir tahun untuk pulang kampung bertemu keluarga dan teman teman masa sekolah. Pada kesempatan tersebut banyak yang mengadakan reuni atau sekedar berkumpul dengan kawan lama.

Bagi Anda yang sedang menyusun agenda reuni untuk memanfaatkan momen liburan akhir tahun, tidak ada salahnya untuk kembali melihat agenda persiapan reuni yang telah Anda susun. Reuni membutuhkan persiapan yang matang jauh-jauh hari. Mulai dari pemilihan tempat acara, anggaran, konsumsi, hiburan, pembicara, dan juga souvenir. Reuni itu bukan sekedar bertemu, ngobrol, makan, pamer, kemudian pulang. Reuni juga tidak harus dihabiskan dengan konsep yang mewah, Anda bisa membuat menjadi konsep baru dan bermanfaat. Seperti salah satu kecilnya dengan meminimalisir terjadinya penumpukan sampah di reuni yang akan anda selenggarakan.

Seperti kebanyakan acara, banyak sekali kemasan praktis dan sekali pakai yang disediakan panitia untuk mempermudah akomodasi peserta acara. Mulai dari kemasan botol minum dari plastik, wadah makan dari sterofoam, dan kemasan apapun yang praktis dan sekali pakai. Sehingga mengakibatkan penumpukan sampah setelah acara tersebut selesai.

Dikutip dari Republika, Direktur Pengelolaan Sampah Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI Dr Novrizal Tahar mengatakan produksi sampah nasional mencapai sekitar 65,8 juta ton pertahunnya di mana 16 persennya adalah sampah plastik. "Ada peningkatan produksi sampah plastik ini setiap tahunnya, kalau dilihat pada 2011 lalu hanya sekitar 11 persen dari total sampah nasional," kata Novrizal.

Bertambahnya volume sampah ini pastinya juga sebanding dengan gaya hidup kita yang terlihat kurang peduli dengan sampah, terutama sampah plastik yang kita tahu sendiri sulit untuk terurai. Untuk itu, jika Anda ingin membuat sebuah acara reuni pastikan Anda mengusung tema “Reuni Bebas Sampah” sebagai upaya meminimalisasi munculnya sampah setelah acara berlangsung.

 

Baca Juga: Green Lifestyle, Mengurangi Sampah Plastik dengan Tumbler

 

TIPS MEMBUAT REUNI ANDA BERMANFAAT DAN BEBAS SAMPAH

Yang harus Anda pahami, poin penting dari reuni adalah menjalin kembali tali silaturahim dan temu kangen kawan lama. Untuk itu, reuni tidak harus diadakan dengan mewah, seperti sewa gedung bintang lima, catering mahal, mengundang pembicara terkenal, apalagi membuat aturan dresscode yang susah di reuni Anda. Mulailah dengan hal-hal sederhana, seperti daripada mencari tempat mewah akan lebih baik jika Anda menentukan tempat yang nyaman, aman, dan asri. Cobalah memilih tempat reuni di luar ruangan agar reuni terkesan santai. Sesuaikan dengan budgeting para peserta reuni, jika memang banyak lebihnya Anda bisa mengadakan charity atau membiayai adik tingkat Anda yang tidak bisa membayar biaya kuliahnya. Hal tersebut akan selalu terkenang dan pastinya membuat orang lain merasakan kebermanfaatan dari reuni anda.

Salah satu reuni yang mengusung tema reuni bebas sampah yaitu Reuni Perak ITB93 Juli lalu dengan konsep zero waste. Hal yang perlu ditekankan dalam konsep reuni bebas sampah adalah tidak adanya penggunaan barang sekali pakai pada reuni Anda. Anda bisa memulai dengan membentuk panitia yang sama sama paham dengan maksud reuni bebas sampah. Setelah panitia terbentuk, ubah konsep makan-makan yang sebelumnya menggunakan catering dengan bungkusan seperti plastik atau sterofoam menjadi prasmanan, dengan menyediakan stand-stand kuliner dan adanya dispenser untuk isi ulang. Jangan lupa sediakan juga tempat untuk mencuci piring. Pasang poster-poster di titik-titik tertentu sebagai rambu pengingat untu tamu undangan bahwa reuni ini bebas sampah. Reuni Bebas Sampah bukan berarti Anda tidak menyediakan tempat sampah sama sekali, Anda tetap harus menyediakan tempat sampah terpilah di beberapa titik.

Setelah teknis acara dibuat, saatnya Anda memikirkan souvenir yang tepat untuk tema Reuni Bebas Sampah anda. Jika sebelumnya kita telah menyediakan stand kuliner lengkap dengan peralatan makan, maka pertanyaan yang selanjutnya timbul adalah Apakah para tamu undangan reuni berkenan membawa alat makan atau minum sendiri? Pastinya akan ada perasaan dongkol dari tamu undangan jika Anda memberlakukan ketentuan tersebut kepada tamu undangan. Namun, hal tersebut bisa Anda siasati dengan mudah dengan memberikan souvenir berupa goodie bag yang berisi tumbler dan peralatan makan.

Baca Juga10 Souvenir Acara Reuni yang Mengesankan

 

Souvenir tumbler dan peralatan makan yang Anda berikan bisa bermanfaat untuk digunakan selama acara reuni berlangsung dan masih bisa digunakan pasca acara reuni. Hal ini akan menambah nilai dari acara Reuni anda, bukan sekedar bersilaturahim dengan kawan lama, menikmati kebersamaan, dan berbagi kisah kesuksesan, tapi Reuni Akhir Tahun Anda akan lebih berkesan karena sudah berkontribusi mengurangi masalah penumpukan sampah di Indonesia.