INTERMEZO
Kenapa Morning Briefing Itu Penting? 5 Alasan Ini Jawabannya
Kenapa Morning Briefing Itu Penting? 5 Alasan Ini Jawabannya

Pernahkah Anda mendengar sebuah pepatah modern yang mengatakan “Take Control Your Habit, Take Control Your Life” ?. Hal ini rupanya tidak hanya berlaku untuk kehidupan kita secara pribadi, namun juga dalam menjalankan suatu perusahaan. Ketika sebuah perusahaan memiliki kebiasaan atau budaya kerja yang baik, maka perusahaan tersebut akan mampu mengendalikan kinerja dan produktifitasnya dengan baik.

Salah satu kebiasaan kecil yang dilakukan oleh banyak perusahaan ialah melakukan morning briefing. Percayakah Anda bahwa kegiatan komunikasi secara tatap muka antara 2 orang atau lebih ini mampu meningkatkan kinerja dan produktfitas karyawannya. Hanya butuh waktu sekitar 10 menit melakukan morning briefing untuk mendapatkan semangat kerja sepanjang hari.

Istilah morning briefing sendiri memiliki nama lain yang cukup beragam tergantung perusahaan tersebut menamainya apa. Karena tentu saja, penggunaannya pun tidak hanya untuk sebuah pertemuan di pagi hari. Pada dasarnya kegiatan ini bisa dilakukan kapan pun setiap kali sebelum memulai kerja entah itu pagi, sore, malam atau sesuai dengan shift kerja yang berlaku.

Meskipun dengan waktu yang sedikit dan terbatas, namun dilakukan dengan konsisten kegiatan morning briefing ini mampu memberikan dampak yang positif. Beberapa fungsi atau manfaat yang kita dapatkan dengan rutin melakukan morning briefing diantaranya :

1. Menjalin Komunikasi Yang Baik Antar Karyawan

Di era yang serba digital, banyak yang mengira bahwa berkomunikasi secara digital bisa menggantikan komunikasi secara langsung. Sehingga berdiskusi dan menyampaikan arahan melalui grup chat ataupun pesan pribadi dirasa sudah cukup.

Kenyataannya, seringkali terjadi missed komunikasi antara si pemberi pesan dan penerima pesan karena perbedaan presepsi atau penerjemahan dari pesan yang disampaikan. Selain itu, belum semua orang mampu menerima atau menyampaikan sisi emosional yang mampu menggugah dan mempengaruhi penerimanya untuk melakukan sesuatu yang dia inginkan secara tepat.

Sehingga berkomunikasi secara langsung melalui morning briefing adalah salah satu solusi yang tepat untuk menjalin komunikasi yang baik dengan karyawan perusahaan. Dengan morning briefing kita, manager, suvervisor atau apapun jabatan kita dapat secara langsung bertemu, berkomunikasi, mendeliver informasi dan emosi secara langsung, cepat dan tepat.

 

2. Membangun Semangat Kerja

Sebelum berangkat kerja, tiap orang tentu mengalami kejadian yang bermaca-macam yang tentunya akan mempengaruhi mood mereka saat bekerja. Sehingga penting bagi seorang manager, supervisor atau pemimpin briefing untuk bisa membangun semangat kerja yang sama sebelum mereka memulai pekerjaannya.

Berbagai trik yang bisa dilakuakn untuk membangun semangat kerja dalam morning briefing diantaranya seperti meneriakan yel-yel, bernyanyi, tepuk tangan, melakukan gerakan tertentu dan lain sebagainya. Selama itu dalam batas kewajaran dan efektif untuk meningkatkan semangat kerja, lakukanlah.

 

3. Membina keakraban dan kekompakan

Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh. Kata-kata perjuangan ini rupanya juga sangat layak dijadikan prinsip dalam membangun perusahaan. Skill atau keterampilan karyawan yang mumpuni sekalipun tanpa kerjasama yang baik dengan karyawan lain hasilnya pasti kurang efektif.

Karena itu, penting bagi sebuah perusahaan untuk merekatkan jalinan keakraban antar karyawan dan membina kekompakan tersebut sesuai kepentingan perusahaan. Sehingga satu sama lain tidak lagi sungkan atau malu untuk bertanya, minta tolong dan bekerjasama dalam menyelesaikan pekerjaan.

Jika acara outing, gathering dan sebagainya memerlukan biaya dan waktu yang tidak sedikit, maka melakukan morning briefing ini adalah cara yang sangat murah dan efektif untuk dilakukan.

 

4. Menyatukan Visi dan Presepsi

Tidak dipungkiri setiap orang memiliki visi dan presepsi yang berbeda-beda. Meskipun bekerja dalam tempat dan mungkin jabatan yang sama tapi tujuan yang ingin dicapai, motivasi yang menggerakkan mereka, pandangan mereka terhadap suatu hal tidaklah sama.

Untuk itu, dalam morning briefing ini adalah moment yang tepat untuk menyatukan perbedaan-perbedaan tersebut. Seorang pemimpin briefing, diharapkan mampu menampung dan mengarahkan visi setiap orang menjadi visi bersama (perusahaan). Bisa dikatakan bahwa morning briefing adalah moment untuk mempengaruhi dan memotivasi tim untuk bekerja mencapai tujuan perusahaan.

 

5. Wadah untuk menyampaikan informasi dan evaluasi singkat

Bisnis adalah kegiatan yang dinamis. Dalam satu bulan, satu minggu bahkan satu hari saja bisa ada banyak perubahan yang mungkin terjadi. Tentu saja hal ini juga memungkinkan ada informasi baru yang perlu diperbaharui dan disampaikan kepada karyawan setiap harinya. Mulai dari progress pekerjaan, target yang sudah tercapai, perubahan prosedur teknis dan lain sebagainya.

Selain itu, evaluasi atas kinerja atau masalah yang terjadi sebelumnya bisa menjadi salah satu bahan yang sebaiknya dibicarakan bersama tim saat morning briefing. Dengan demikian, tim atau karyawan Anda bisa bekerja lebih baik hari ini.

Hanya tentu saja, skala informasi atau evaluasi yang disampaikan dalam morning briefing ini merupakan informasi yang bisa disampaikan dan dipahami dengan waktu yang singkat. Apabila informasi atau evaluasi yang ingin disampaikan cukup panjang, maka sebaiknya disampaikan dalams sebuah meeting yang lebih leluasa waktunya.

Itulah 5 manfaat melakukan morning briefing sebelum mengawali pekerjaan di perusahaan Anda. Dari yang sudah kita sampaikan diatas dapat kita lihat, hanya butuh waktu kurang lebih 10-15 menit saja setiap harinya untuk mendapatkan manfat yang besar bagi perusahaan. Apakah perusahaan Anda sudah terbiasa melakukan morning briefing?.

Jika sudah, tetap konsisten lanjutkanlah. Jika belum,maka saatnya Anda dan tim perusahaan Anda memulai kebiasaan baru yang baik ini. Melakukan morning briefing bukanlah hal yang sulit, namun melakukannya secara konsistenlah yang perlu kita perjuangkan. Karena sebuah perubahan itu bukan hanya tentang hal besar yang kita lakukan dalam satu hari, namun hal-hal kecil yang kita lakukan berulang kali.

Mari lakukan morning briefing mulai hari ini dan jadikan sebagai sebuah kebiasaan baru. Seorang pujangga berkebangsaan Inggris pernah mengatakan hal menarik dalam salah satu karyanya

“We First Make Our Habbits, And Then Our Habbits Make Us” -John Dryden

Sekian, Semoga Bermanfaat.