Primary Navigation

Kiat Tetap Bugar dan Produktif Saat Ramadan di Kantor

Banyak karyawan tidak fokus bekerja di bulan ramadan dengan alasan sedang puasa sehingga konsentrasi jadi menurun. Padahal bulan ramadan harusnya dilalui penuh semangat dengan berkegiatan sambil beribadah.

Ada 7 kiat yang bisa Anda lakukan untuk tetap bugar dan produktif sembari menjalankan puasa ramadan di kantor:

1. Rapikan Timeline Kerja

Kiat satu ini harusnya dilakukan sebelum Ramadan. Namun, jika Anda ingin memulai sekarang masih belum terlambat. Rapikan timeline kerja mulai dari menyesuaikan jam kerja, jadwal harian, jadwal meeting hingga jadwal cuti menjelang lebaran. Selagi masih ada waktu, mulai sekarang cobalah untuk merapikan timeline kerja Anda untuk memastikan bahwa seluruh pekerjaan bisa selesai sebelum cuti lebaran.

2. Atur Jadwal Meeting

Jika Anda memiliki jadwal meeting di bulan Ramadan agendakan untuk meeting di pagi hari saat masih segar. Namun jika Anda memang ingin meeting sekaligus buka bersama klien tidak ada salahnya untuk memilih tempat meeting yang sesuai dengan keinginan klien. Jika Anda berada di area Yogyakarta dan bingung mencari tempat meeting yang tepat, E-Book “Yogyakarta MICE Guidelines” bisa menjadi referensi Anda.

3. Ganti Meeting Konvensional Menjadi Conference Video

Saat Ramadan keluar kantor dan terjebak macet saat meeting dapat menghabiskan energi dan membuat emosi memuncak. Selain lelah fisik, psikis juga dibuat uring-uringan. Dibandingkan meeting konvensional secara tatap muka, ada baiknya saat bulan ramadan ganti meeting tatap muka dengan conference video. Sehingga menguntungkan dari sisi waktu dan energi.


Baca Juga: 5 Tips Rapat Virtual yang Efektif


4. Tidur Siang Sebentar

Atur pola tidur selama bulan Ramadan dengan tidak tidur larut malam. Manfaatkan jam makan siang untuk beristirahat sebentar 20-30 menit setelah melakukan ibadah sholat dhuhur. Jika tidak memungkinkan untuk tidur siang cara lain seperti mengistirahatkan mata sejenak dari layar monitor, melihat objek berwarna hijau atau cuci muka ampuh untuk menangkal rasa kantuk.

5. Buat Target Harian

Kebanyakan karyawan merasakan rasa kantuk berlebih dan malas saat bekerja di bulan Ramadan. Hal ini disebabkan karena Anda tidak memiliki target harian pekerjaan yang harus diselesaikan saat Ramadan. Sebaiknya Anda mulai membuat to-do-list dan skala prioritas sehingga tahu mana pekerjaan yang harus dikerjakan lebih dahulu mana yang bisa dikerjakan kemudian.

6. Perhatikan Asupan Gizi Saat Sahur dan Berbuka

Beberapa jenis makanan yang sangat dianjurkan untuk masuk dalam daftar menu selama ramadan diantaranya biji-bijian, sayur dan buah serta banya minum air putih. Biji-bijian mengandung protein yang membuat Anda kenyang lebih lama. Sayur dan buah mengandung kadar air dan serat yang tinggi sehingga dapat memenuhi kebutuhan cairan tubuh yang otomatis berkurang selama puasa. Hindari konsumsi kafein karena dapat menyebabkan tubuh dehidrasi karena sifatnya diuretik.

7. Olahraga ringan

Banyak orang menghindari olahraga selama ramadan karena menghabiskan energi dan berpotensi mengundang rasa haus.  Olahraga tetap disarankan selama bulan ramadan dengan catatan dilakukan sore hari menjelang berbuka puasa. Jenis olahrga yang dipilih juga jangan terlalu berat cukup jalan kaki atau bersepda.