INTERMEZO
Manfaatkan Momen Akhir Tahun Untuk Melejitkan Omset Perusahaan Dengan Strategi Marketing Ini
Manfaatkan Momen Akhir Tahun Untuk Melejitkan Omset Perusahaan Dengan Strategi Marketing Ini

Menjelang penghujung akhir tahun, tentu Anda akan berharap mendapatkan catatan yang positif untuk bisnis Anda sebelum menutup buku. Namun, bagaimana bila nyatanya bisnis Anda memang memiliki catatan yang kurang begitu baik di sepanjang tahun ini. Apakah masih ada kesempatan untuk memperbaikinya di akhir tahun?

Tentu saja masih ada kesempatan sampai di akhir tahun ini. Bahkan apa yang akan Anda lakukan di akhir tahun ini bisa saja berdampak baik di awal tahun depan. Karena itu Anda jangan hanya menunggu sampai tahun ini berakhir tanpa melakukan usaha apa-apa. Agar akhir tahun ini bisa memberikan kesan baik bagi bisnis Anda, cobalah lakukan berbagai kegiatan marketing di bawah ini :

1. Program kolaborasi bersama influencer

Akhir tahun bisa menjadi momentum bagi bisnis Anda dalam menjalankan strategi marketing. Salah satunya yang bisa Anda jalankan yaitu membuat program kolaborasi bersama influencer. Tapi pastikan Anda dapat menentukan tingkat keberhasilan para influencer dalam program kolaborasi tersebut. Misalnya saja, dilihat dari total kunjungan website atau konversi penjualan berkat influencer tersebut.

Tapi sebelum Anda menjalankan strategi marketing ini, cobalah terlebih dahulu untuk melakukan evaluasi bila Anda sudah pernah bekerja sama dengan influencer. Anda bisa melihat influencer mana saja yang cukup memberikan dampak baik terhadap bisnis Anda dan mana yang tidak. Dengan begitu, Anda mampu memilih atau menentukan kriteria influencer yang lebih baik untuk program akhir tahun.

 

2. Mengirimkan hadiah kejutan kepada pelanggan

Ingatlah bila pelanggan dapat menjadi marketing lepas Anda. Karena itu, ada baiknya di akhir tahun ini jika Anda memberikan hadiah kejutan kepada pelanggan Anda atau influencer yang telah setia bekerja sama dengan Anda sepanjang tahun. Dan bila perlu selipkan permintaan agar mereka memposting hadiah tersebut dengan mention atau me-tag akun sosial media bisnis Anda sebagai bentuk konfirmasi bila hadiah tersebut telah diterima.

Sebenarnya, tanpa diminta pun pelanggan yang mendapatkan hadiah kejutan tentu akan senang hati memposting hal itu di media sosialnya. Sehingga dampak besar dan luas pun akan dirasakan oleh bisnis Anda nantinya.

 

3. Melakukan survey pada pelanggan

Akhir tahun menjadi waktu yang tepat bagi Anda untuk mengevaluasi seluruh sektor pada bisnis Anda. Karena itu Anda dapat melakukan sebuah survei yang tujuannya tentu saja bukan hanya sebagai bahan evaluasi, tetapi juga untuk mengumpulkan informasi untuk dapat meningkatkan pengalaman pelanggan Anda di tahun mendatang.

Caranya cukup dengan mengadakan sebuah survei. Bisa dalam bentuk personal yang Anda kirimkan melalui email, media sosial, atau ketika pelanggan sedang mengunjungi website atau online shop Anda.

Beberapa hasil survei yang dapat dikatakan baik dan membanggakan juga dapat Anda bagikan di seluruh saluran pemasaran Anda. Hal itu sebagai upaya dalam meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap merek Anda. Dengan adanya fakta dan data bila pelanggan merasa kepuasan berbelanja dengan Anda, maka tak ada pilihan lain bagi konsumen untuk tidak mencoba berbelanja dengan Anda.

 


Baca Juga : 

Strategi Story Telling Untuk Mendongkrak Penjualan Secara Online

Apa Sih Bedanya Marketing, Selling, & Branding? Simak 6 Hal Ini


 

4. Membuat video marketing

Seperti yang kita tahu, konten video merupakan yang paling diminati oleh para pengguna media sosial. Karena itu Anda bisa memanfaatkan berbagai konten video dalam strategi marketing di akhir tahun ini. Bila perlu, buatlah projek bersama influencer favorit untuk menciptakan sesuatu yang disukai oleh konsumen.

Bila konten tersebut dapat viral, maka Anda sudah berhasil menjalankan program ini dengan baik. Dengan membuat konten kreatif dan dapat diterima dengan baik oleh pengguna media sosial, maka sudah pasti akan berdampak baik pada merek Anda.

 

5. Membuat kuis / kontes

Sampai kapan pun sebuah kuis atau kontes akan selalu diminati oleh banyak orang. Apalagi mengingat akhir tahun memiliki momentumnya tersendiri. Anda bisa tentukan tema yang menarik untuk kuis atau kontes yang akan Anda buat. Semakin banyak yang tertarik maka akan semakin banyak yang mengenal merek Anda. Dampaknya, sudah pasti akan semakin mudah bagi Anda dalam menjual berbagai produk kepada pelanggan.

 

6. Mengumpulkan testimoni terbaik

Konsumen memiliki kecenderungan mudah tertarik atau percaya pada sebuah merek bila merek tersebut sudah mendapatkan banyak review baik. Karena itu tak ada salahnya bagi Anda untuk mengumpulkan seluruh testimoni terbaik dari para pelanggan maupun influencer dan membagikannya di saluran media sosial dan website Anda.

Dengan membagikan banyak testimoni tentu akan membuat banyak orang penasaran dan ingin tahu pada merek Anda. Bila sudah seperti itu maka Anda benar-benar berhasil menjalankan strategi ini.

 

Momentum akhir tahun merupakan salah satu yang paling ditunggu oleh konsumen dan yang paling dipersiapkan oleh para pelaku bisnis. Seluruh orang begitu menyambut akhir tahun dengan baik. Jangan sia-siakan momentum ini hanya dengan melewatkannya begitu saja tanpa melakukan apa pun bagi bisnis Anda. Cobalah lakukan kegiatan marketing di atas agar tahun depan merek Anda bisa lebih baik lagi. Selamat mencoba!