STRATEGI
Perusahaan Terus Berkembang Pesat, Inilah Rahasia Pemimpin Visioner
Perusahaan Terus Berkembang Pesat, Inilah Rahasia Pemimpin Visioner

Memiliki pemimpin yang visioner merupakan dambaan bagi perusahaan. Pemimpin visioner tahu  kemana akan membawa perusahaannya saat ini maupun di masa yang akan datang. Sebagai pemimpin, tingkah laku dan kepribadiannya akan dicontoh oleh karyawannya. Apabila pemimpin tersebut memiliki pandangan visioner, perusahaan tak perlu takut akan perkembangannya di masa yang akan datang.

Lalu apa yang perlu diperhatikan agar kita tahu pemimpin itu visioner atau tidak? Berikut inilah beberapa rahasia yang dimiliki oleh pemimpin visioner.

Komunikasi yang baik dengan karyawan dalam perusahaan

Menjalin komunikasi dengan karyawan merupakan hal yang harus bisa dilakukan oleh seorang pemimpin yang memiliki jiwa visioner. Komunikasi dua arah yang baik membuat karyawan merasa dibutuhkan oleh pemimpin. Hal tersebut akan memengaruhi kinerja karyawan. Kunci kesuksesan dalam bekerja salah satunya adalah melalui komunikasi yang baik antar karyawan dengan ‘atasan’ maupun antar sesama karyawan.  

Paham tentang kondisi kantor, baik lingkungan maupun karyawannya

Seorang pemimpin yang visioner akan mengingat tentang faktor-faktor yang membuat perusahaannya tetap hidup. Lingkungan perusahaan dan karyawannya tak luput dari kacamata seorang pemimpin karena merekalah perusahaan dapat terus berjalan. Lingkungan perusahaan yang nyaman akan membuat karyawan produktif dan betah disana. Selain itu, pemimpin tersebut juga dapat memberi karyawannya gift agar lebih semangat untuk bekerja. Untuk mendapatkan gift tersebut, Anda bisa #TanyaCera saja.

Tanya Cera merupakan sebuah platform baru dari Ceraproduction.com yang mempunyai fitur terbaru yang memudahkan Anda untuk mencari souvenir untuk karyawan dengan model dan desain yang beragam.

Paham tentang tren yang sedang ‘naik daun’

Agar perusahaan yang dikelola tetap berjalan, pemimpin visioner tak lupa untuk selalu mengikuti tren yang sedang viral di masyarakat. Memahami tren disini adalah mengikuti setiap perubahan tren yang sedang terjadi. Namun, tidak semua tren akan cocok dengan identitas perusahaan. Seorang pemimpin visioner memiliki pandangan tren mana yang sesuai dengan keadaan perusahaannya saat ini.

Diskusi dengan Orang Lain

Berdiskusi dengan orang lain misalnya karyawan maupun teman sesama pemimpin perusahaan lain juga memengaruhi tindakan pemimpin. Seorang pimpinan yang visioner terus merasa haus akan ilmu. Ia percaya jika ilmu bisa didapat dari mana saja, salah satunya adalah diskusi. Berdiskusi dengan karyawannya tidak membuat membuatnya merasa lebih rendah, justru membuatnya terlihat mengayomi karyawan.

Detail Oriented

Teliti terhadap hal-hal kecil merupakan salah satu rahasia pemimpin agar dapat mengerti hal-hal penting apa saja yang dibutuhkan oleh perusahaan. Si pemimpin dapat mengawalinya dengan memerhatikan hal-hal kecil dalam kehidupan sehari-hari mereka. Membiasakan diri dengan melakukan hal tersebut akan membuat seseorang jadi lebih teliti dengan apa yang sedang mereka kerjakan.

Perencanaan Matang

Dalam merencanakan sesuatu hal yang berkaitan dengan perusahaan, misalnya saja mengenai program kerja dan sebagainya, pemimpin perusahaan haruslah bisa menentukan perencanaan. Sebuah perencanaan yang matang  dapat menghasilkan outcome yang maksimal jika dieksekusi dengan tepat.

Itulah beberapa rahasia yang dimiliki oleh seorang pemimpin visioner. Berbekal beberapa keterampilan dan sifat seperti yang disebut diatas, mereka dapat mengembangkan bisnis perusahaan. Perusahaan yang dikelola dengan benar oleh seorang pemimpin yang mempunyai visi jauh ke depan, akan terus melaju pertumbuhannya. Jadi, sudah siapkah Anda menjadi pemimpin visioner untuk masa yang akan datang? Yuk, persiapkan dirimu dari sekarang!