INTERMEZO
Tips Ampuh Meningkatkan Produktivitas Kerja Dan Mengatasi Karyawan Yang Sering Pelupa
Tips Ampuh Meningkatkan Produktivitas Kerja Dan Mengatasi Karyawan Yang Sering Pelupa

Memberikan motivasi kepada setiap karyawan memanglah sangat penting, karena dengan memberikan motivasi akan meningkatkan produktivitas karyawan. Nah, jika Anda adalah atasan yang memang menginginkan karyawan lebih produktif lagi bekerja sehingga apa yang ingin dituju perusahaan dapat terwujud, berarti Anda memang sudah seharunya memotivasi karyawan setiap hari.

Tak hanya itu saja yang harus diberikan kepada setiap karyawan, karena pada dasarnya tipe-tipe karyawan banyak sekali. Mulai dari yang sering ketiduran dikantor, pelupa, susah menerima ide dari orang lain, maupun yang susah berkomunikasi dengan satu sama lain. Nah, untuk mengeratkan karyawan satu sama lain ini, tidak cukup hanya dengan memberikan motivasi saja, apalagi untuk tipe karyawan yang sering pelupa, masuk telinga kiri keluar telinga kanan.

Jadi, selain motivasi yang diberikan, Anda juga bisa memberikan benda sebagai apresiasi kerja mereka, agar karyawan mendapatkan double motivasi untuk meningkatkan kinerja dikantor demi mencapai tujuan perusahaan.

Maka dari itu, Cera Production akan memberikan tips motivasi apa saja yang dapat disampaikan kepada karyawan dan benda apa saja yang cocok untuk dibagikan kepada karyawan Anda sebagai apresiasi kerja mereka dikantor.

1. Dengarkanlah Ide-Ide dari Karyawan Anda

Anda sebagai atasan jangan pernah hanya memberikan ide saja kepada karyawan. Tetapi juga terimalah ide-ide baru yang karyawan Anda berikan. Karena dengan menerima ide baru dari karyawan itu lebih membuktikan bahwa Anda memang seorang atasan yang sangat berwibawa dan bijaksana. Selain itu, perusahaan yang memberikan kesempatan bagi karyawan untuk mengembangkan ide mereka dan berkreativitas tidak mungkin tidak membuahkan hasil. Karena pada dasarnya setiap pendapat pemikiran atau ide yang karyawan berikan itu melalui sebuah proses yang cukup panjang. Jadi, hargailah setiap pendapat atau ide yang karyawan Anda sampaikan.

2. Peliharalah Hubungan Sosial yang Baik dengan Karyawan

Memelihara komunikasi dan interaksi yang baik kepada karyawan justru akan meningkatkan semangat mereka untuk bekerja lebih giat lagi. Pasalnya sikap peduli yang Anda berikan kepada setiap karyawan akan membuat mereka merasa segan. Gimana, sih, sikap peduli yang baik untuk karyawan itu? Ambil contohnya kecilnya begini, jika memang ingin memelihara hubungan sosial kepada karyawan, Anda bisa mengunjungi rumah mereka. Kenapa? Karena dengan mengunjungi rumah karyawan tersebut, Anda akan tahu bagaimana kondisi keluarga karyawan sehingga anda bisa mengetahui sebenarnya bagaimana kepribadian dan karakter karyawan tersebut.

Selain itu, ada yang mengatakan bahwa dilansir dari forbes.com "sekali anda mengeluarkan emosi yang bersifat marah-marah atau depresi itu akan berpangruh kepada karakter karyawan anda". Jadi,pada intinya Anda sebagai pemimpin berushalah untuk selalu memberikan atau menularkan pengaruh yang positif dan koneksi emosional yang positif pada karyawan.

3. Muncullah Ketika Karyawan Anda Sedang Bekerja

Karyawan mana, sih, yang gak mau naik jabatannya, pasti semua karyawan menginginkan karir yang cemerlang di perusahaan tersebut. Nah, Anda sebagai atasan janganlah sesekali menutup mata terhadap karir karyawan. Karena ketika kalian melakukan hal itu, Anda sudah menjadi monster di perusahaan tersebut. Pastinya Anda tidak mau, kan, menjadi monster di perusahaan yang Anda pimpin? Oleh karena itu, sesibuk apapun pekerjaan Anda, lakukanlah penilaian kinerja karyawanmu dan rencanakan pelatihan yang sesuai untuk menumbuh-kembangkan keterampilan yang karyawan Anda miliki.

Selain itu, dilansir pakarkinerja.com jika merencanakan karir karyawan sangatlah berpengaruh terhadap peningkatan kinerja. Karena ketika Anda merencakan karir karyawa, hal itu dapat menjaga semangat para karyawan agar tidak jenuh dengan posisinya saat ini dan dia akan tahu kapan dia akan naik jabatan sembari kinerja terus meningkat.

4. Bangunlah Kepercayaan Kepada Karyawan Anda

Membangun kepercayaan antara karyawan merupakan modal untuk membangun hubungan kerja yang lebih baik lagi. Bangunlah kepercayaan dengan mengutamakan kejujuran. Janganlah sesekali berbohong ataupun bercerita kapada karyawan lain tentang karyawan yang tidak Anda sukai. Karena dengan melakukan hal tersebut, Anda secara langsung membangun bom yang dalam hitungan jam akan segera runtuh. Maksudnya, perlahan-lahan kepercayaan karyawan terhadap kepemimpinan Anda bisa dengan cepat runtuh.

Tak hanya hal diatas saja yang bisa diterapkan, Anda juga bisa membina komunikasi yang baik sehingga membangun kepercayaan satu sama lain lebih gampang. Contohnya apabila Anda mendengarkan karyawan maupun sebaliknya, maka produktivitas kerja mereka meningkat dan makin semangat untuk bekerja.

5. Aturlah Suasana Kerja yang Positif dan Menyenangkan

Kenapa hal ini sangat penting untuk diterapkan di perusahaan Anda? Karena dengan adanya lingkungan kerja yang nyaman dan menyenangkan bisa membuat karyawan semangat untuk bekerja. Selain itu, dengan kondisi kerja yang menyenangkan dapat mempengaruhi mereka untuk tetap positif terhadap pekerjaan yang sedang menumpuk dapat selesai dengan tepat waktu.

Itulah kenapa Anda sebagai atasan tertinggi di perusahaan tersebut, harus membuat suasana kerja menjadi lebih nyaman, menyenangkan dan tentunya berbau hal-hal yang positif. Jika Anda sebagai pimpinan sudah memiliki karkater positif dan selalu melihat bahwa segala sesuatu pasti ada jalan keluarnya, maka akan memudahkan menciptakan suasana kerja yang positif dan pastinya menyenangkan, sehingga motivasi karyawan untuk bekerja makin meningkat.

Memotivasi karyawan setiap hari dengan cara yang profesional akan membuat karyawan Anda betah bekerja di perusahaan. Tetapi, jika Anda tidak pernah memotivasi mereka selama mereka bekerja, jangan harap mereka betah di perusahaan Anda.

6. Berikanlah Mereka Sticky Note

Jika karyawan kalian memang tipe-tipe yang pelupa, bahkan motivasi saja tidak cukup untuk meningkatkan produktivitas kerja mereka di perusahaan Anda. Maka memang sudah seharusnya Anda berikan benda seperti ini kepada semua karyawan agar motivasi kerja mereka lebih meningkat. Jadi, gak cuman masuk telinga kiri keluar telinga kanan.

Kenapa Sticky Note Sangat Penting Sebagai Peningkat Semangat Kerja Karyawan?

Dengan desain yang sangat simple dan sangat mudah untuk digunakan, sudah seharusnya karyawan Anda lebih semangat lagi bekerja. Karena deadline yang Anda berikan kepada karyawan bisa mereka tulis di sticky note yang Anda berikan. Jadi, mereka tidak lagi lupa atas prioritas apa yang harus mereka lakukan ketika pekerjaan lain sudah selesai. Dengan begitu, ketika Anda bertanya kepada karyawan, “ deadline sudah selesai? ” karyawan sudah tidak strees lagi, dan Anda sebagai atasan juga lebih senang 

Kenapa Sticky Note Gampang untuk Digunakan?

Bahan yang terbuat dari HVS dengan ukuran yang sangat simple, 7,5cm x 7,5cm dan metode print dengan warna yang full color akan membuat karyawan Anda semangat lagi untuk bekerja. Tak hanya itu saja, lem yang sangat erat sehingga bisa ditempelkan dimana saja di ruangan kantor karyawan Anda.

Nah, itulah yang bisa Cera Production berikan mengenai tips bagaimana menjaga agar hubungan baik kepada karyawan dan untuk meningkatkan produktivitas kerja di kantor.

Belum belanja souvenir untuk apreasiasi tahunan kepada karyawan Anda? Sekarang Cera memiliki fitur terbaru #TanyaCera? Anda bisa melakukan transaksi dengan gampang dan proses yang cepat. Selamat berbelanja tahunan!