INTERMEZO
Tips Jago Public Speaking Untuk Karyawan Introvert
Tips Jago Public Speaking Untuk Karyawan Introvert

Tahukah Anda bahwa 82% kesuksesan dalam karir dipengaruhi oleh softskill yang dimiliki oleh orang tersebut?. Hasil Survey yang dilakukan oleh Employment Riset Institute tahun 2005 ini juga mengungkapkan salah satu softskill yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat saat ini ialah public speaking atau seni berbicara di depan umum.

Public speaking sudah hampir menjadi keterampilan dasar yang harus dikuasai oleh setiap orang untuk sukses menapaki dunia kerja, professional ataupun bisnis. Dalam dunia kerja saja, Public speaking dibutuhkan mulai dari :

  • Presentasi
  • Pidato
  • Memimpin rapat/diskusi
  • Jualan
  • Melayani pelanggan
  • Hingga hal-hal sederhna seperti berkomunikasi dengan rekan kerja, atasan ataupun bawahan.

Tak heran jika seorang actor holywood pernah mengatakan “If you can speak, you can influence. If you can influence, you can change lives”-Rob Brown-

Hal ini sangat masuk akal, karena jika kita melihat sejarah dan fakta yang terjadi di lapangan. Mulai dari bagaimana seorang salesman bisa meyakinkan seseorang untuk membeli dagangannya hingga Bagaimana sebuah pidato seorang presiden bisa menggugah rakyatnya untuk berani bertaruh nyawa demi negara. Semua karena kemampuan public speaking yang baik.

Jago Ngomong Sama Dengan Jago Public Speaking?

Ada sebuah mindset yang tertanam di pikiran masyarakat saat ini bahwa orang yang akan menguasai public speaking adalah mereka yang jago ngomong, cerewet, suka melawak dan lain lain. Dimana sifat-sifat tersebut merupakan sifat yang hanya dimiliki oleh orang-orang dengan karakter ekstrovert.

Hal tersebut kemudian memunculkan pertanyaan. Lalu bagaimana orang-orang dengan karakter introvert yang cenderung pendiam, kaku, dan pemalu bisakah mereka menguasai public speaking juga?. Mari kita simpulkan bersama berdasarkan penjelasan dibawah ini.

Kemampuan berbicara dan kemampuan public speaking merupakan hal yang sebenarnya sangat berbeda. Setiap manusia yang normal tentu bisa berbicara, namun tidak semua yang berbicara bisa melakukan public speaking. Termasuk orang-orang yang cerewet atau banyak bicara pun belum menjadi jaminan bahwa ia akan pandai melakukan public speaking. Salah tingkah, berbicara melantur hingga terlalu melebar dari pokok bahasan merupakan salah satu tantangan bagi seorang ekstrovert dalam menguasai public speaking.

Public speaking bukan sekedar mampu berbicara. Namun dari berbagai definisi yang kami simpulkan public speaking ialah sebuah kegiatan menyampaikan informasi secara lisan kepada satu orang atau lebih dengan maksud menyampaikan informasi, mengajukan pendapat, mempengaruhi, hingga mengajak orang lain untuk melakukan sesuatu.

Berdasarkan definisi diatas, maka sebenarnya orang yang introvert sekalipun memiliki kesempatan yang sangat luas untuk tetap menguasai public speaking. Malah orang introvert memiliki kelebihan yakni mereka bisa menyampaikan pesan dengan lugas, tegas dan tidak bertele-tele. Hanya saja mereka harus melewati tantangan untuk bisa mengalahkan rasa grogi, takut dan malunya.

Untuk itu Bagi Anda yang merasa memiliki karakter introvert yang ingin menguasai public speaking. Berikut ini adalah tips yang bisa Anda gunakan untuk berlatih berbicara didepan umum (public speaking).

1. Ambil Kesempatan Untuk Berbicara

Sifat pemalu yang dimiliki oleh orang introvert merupakan hal pertama yang harus kita atasi. Bagi Anda yang merasa hal ini ada pada diri Anda, sadarlah tidak ada lagi solusi terbaik selain Anda memberanikan diri untuk mengambil kesempatan untuk tampil atau berbicara. Lawan rasa malumu, dan jadikan kesempatan berbicara didepan sebagai tempat belajar. Mulai dari menyampaikan usul, menjadi presenter/pembicara, moderator, pembawa acara dan lain sebagainya.

 

2. Memilih kosakata Yang Baik

Dalam hal ini orang introvert tidak akan mengalami kesulitan berarti. Lahir dengan sifat pemikir sejati, sebagai orang introvert kita memiliki kelebihan untuk bisa memilih kosakata yang baik.

Dalam teknik bicara, kosakata adalah hal yang sangat penting agar audiens kita bisa memahami informasi yang kita sampaikan. Gunakan kosakata yang singkat, lugas, mudah dipahami namun juga dapat menarik perhatian.

 


Baca Juga :

5 Langkah Menjadi Orang Yang Disukai di Tempat Kerja

Tips Mengadakan Morning Briefing Yang Efektif


 

3. Meminta Saran dan Penilaian

Jangan sungkan untuk meminta saran dan penilaian dari orang lain ketika Anda melakukan public speaking. Hal ini berguna untuk mengukur dan mengevaluasi perkembangan kemampuan public speaking Anda. Usahakan orang yang Anda mintai penilaian juga merupakan orang memiliki kemampuan public speaking yang baik, sehingga dia bisa memberikan saran dan penilaian yang objektif dan membangun.

 

4. Atasi Rasa Grogi

Bukan hal yang baru ketika seseorang yang baru berbicara di depan umum melakukan hal-hal aneh saat tampil. Mulai dari tutur kata yang gagap, penuh filler mulai dari bilang “eeeu” atau kata lain yang diucapkan berulang. Hingga menggerak-gerakan anggota tubuh lain secara tidak sadar, seperti mengusap hidung, menggaruk rambut, atau tangan yang over aktif.

Hal tersebut adalah hal yang wajar diawal sehingga jangan menjadikan ini sebagai alasan untuk ragu dan berhenti belajar.  Karena seiring berjalannya waktu, asalkan kita terus belajar dan bertambahnya jam terbang kebiasaan tersebut akan hilang dengan sendirinya.

Cara mengatasi kebiasaan ini bisa dengan meningkatkan konsentrasi penuh terhadap apa yang disampaikan sehingga Anda akan segera menyadari jika Anda melakukan hal tersebut. Namun sejauh ini cara yang paling ampuh lainnya adalah dengan mencoba lebih rileks dan santai saat berbicara. Karena pada dasarnya hal ini terjadi ketika kita merasa grogi.

 

5. Latihan dan Persiapan Yang Matang

Latihan dan persiapan merupakan kunci kesuksesan penampilan pertama. Kurang percaya diri dan ingin melakukan hal sesempurna mungkin merupakan hal yang harus diatasi oleh orang introvert. Tidak ada solusi terbaik selain melawannya dengan melakukan latihan dan mempersipkan segalanya dengan matang.

Latihan berbicara di depan cermin sampai lancar, menyiapkan slide yang menarik, materi yang lengkap dan bahkan diselingi dengan video atau demo akan meningkatkan kepercayaan diri saat berbicara. Haruskah selalu seperti ini?. Kabar baiknya, ketika Anda sudah memiliki jam terbang yang tinggi, Anda akan mulai terbiasa dan memiliki pola tersendiri dalam berbicara di depan umum sehingga terkadang tidak perlu melakuakn latihan atau persiapan sepadat diawal belajar.

Itulah 5 tips jago public speaking untuk Anda karyawan introvert. Ingat, jangan sampai karakter introvert menghalangi kesuksesan karir Anda. Justru sebaliknya, jadikanlah karakter introvert sebagai modal untuk menjadi public speaker yang handal, lugas dan tertata dalam menyampaikan informasi, pendapat atau mempengaruhi audiensnya.