Tips Menghilangkan Bau pada Tumbler

5 Cara Membersihkan Tumbler Stainless Steel

Tumbler stainless menjadi salah satu pilihan tumbler yang bisa digunakan sebagai pengganti botol plastik sekali pakai. Tumbler stainless biasanya memiliki aroma khas yang kadang mengganggu. Apalagi jika tidak dibersihkan dengan baik. Cera kali ini ingin memberikan lima tips membersihkan tumbler stainless agar tidak bau.

Tumbler menjadi bagian baru dari gaya hidup masa kini. Ketika kesadaran untuk menjaga lingkungan semakin tinggi, pengguna tumbler pun meningkat. Dalam survei yang dilakukan Kompas, terlihat tren positif responden terkait dengan keinginan untuk mengurangi sampah plastik. Terlihat dari 91,5% responden menyatakan ingin melakukan pengurangan sampah plastik pada November 2018 lalu naik jadi 97,9% pada Agustus 2019.

Dalam survei ini juga terungkap bahwa tumbler menempati posisi kedua setelah tas belanja sebagai upaya responden mengurangi sampah plastik. Tumbler stainless steel dan aluminium menjadi salah satu pilihan banyak orang karena memberikan kesan yang kuat, simple sekaligus elegan. 

Ditambah lagi, tumbler dengan material stainless steel dan aluminium rata-rata dibuat untuk mampu menyiman suhu minuman di dalamnya. Dengan begitu, minuman yang panas bisa hangat lebih lama, begitu juga minuman yang dingin.

Sayangnya, karena sering digunakan untuk menyimpan minuman yang memiliki bau dan warna yang khas tumbler stainless steel dan aluminium menjadi agak susah untuk dibersihkan. Bau yang tersisa dari kopi atau teh yang sebelumnya disimpan di dalamnya juga akan mengganggu ketika tumbler hanya diisi dengan air putih.

Berikut adalah beberapa tips untuk menghilangkan bau pada tumbler stainless maupun aluminium:

Cuci dengan air panas

Ilustrasi membersihkan tumbler dengan air panas.
Membersihkan tumbler dengan mencuci dengan air panas

Jika ada bau tak sedap membandel yang tersisa di tumbler Anda, bisa coba mencucinya dengan air panas. Caranya, bersihkan tumbler dari sisa minuman yang ada lalu tuang air panas ke dalamnya. Setelah itu, diamkan beberapa saat lalu kocok-kocok. Atau bisa juga menggunakan pembersih botol yang lembut sehingga tidak merusak lapisan dalam tumbler Anda. Ulangi beberapa kali, jika masih juga membandel bisa juga tambahkan beberapa tetes sabun cuci piring. 

Baca juga:

Cuka juga bisa jadi alternatif

Bukan hanya air panas yang bisa membantu menghilangkan bau membandel pada tumbler, cuka masak pun bisa digunakan. Bahkan cuka bisa bantu mengikis warna kekuningan pada permukaan tumbler akibat teh atau kopi. Caranya, tuang cuka masak atau cuka apel ke dalam tumbler lalu tambahkan setengah gelas air. Setelahnya, masukkan sesendok baking soda kemudian tutup. Lalu, kocok cairan tersebut selama kurang lebih satu menit. Keluarkan campuran cuka dan baking soda, lalu bilas hingga bersih.

Bersihkan dengan pasta maizena

Maizena bukan banya berguna untuk memasak namun juga bisa bantu menghilangkan bau.

Maizena, selain bisa digunakan untuk memasak juga bisa digunakan untuk membersihkan tumbler loh. Maizena juga berguna untuk menghilangkan noda kuning pada tumblerkarena teralu sering digunakan untuk menyimpan teh dan kopi. Caranya, dengan mencampur maizena dengan cuka hingga berbentuk pasta. Pasta ini yang dioleskan ke sekeliling permukaan tumbler agar segala noda dan bau bisa hilang. Setelah itu, dibilas hingga bersih dan dikeringkan hingga betul-betul kering.

Rendam dengan cairan baking soda

Jika Anda tidak punya banyak waktu untuk banyak waktu untuk gosok-menggosok tumbler stainless steel yang kotor, cara ini bisa menjadi cara jitu. Tinggal bersihkan saja sisa minuman yang ada lalu masukkan tumbler dalam baking soda yang sudah ditambah air. Akan lebih efektif jika air yang digunakan merupakan air panas dan direndam semalaman.

Lap hingga kering

Wadah yang lembab menjadi tempat nyaman untuk bakteri berkembang biak sehingga menimbulkan bau tak sedap.

Yap, langkah terakhir ini sering kali diabaikan. Padahal penting sekali untuk mengeringkan tumbler kesayangan Anda hingga tuntas sebelum menutupnya. Seperti yang kita tahu, tempat yang lembab menjadi favorit mikroorganisme yang bisa menimbulkan bau tidak sedap.

Selain itu, tips yang tidak kalah penting adalah langsung mencuci tumbler setelah digunakan. Jangan sampai ada sisa minuman seperti kopi atau teh yang menginap. Biasanya bau akan semakin sulit dihilangkan ketika sudah menginap.