Primary Navigation

Walking Meeting, Inovasi Atasi Kebiasaan Meeting yang Membosankan

Apa itu Walking Meeting?

Berapa kali Anda atau karyawan Anda takut untuk menghadiri meeting? Pernahkah Anda tidak berharap untuk duduk di kantor atau meja konferensi yang sama untuk ratusan pertemuan lainnya?

Walking Meeting adalah pertemuan di tempat kerja yang dilakukan dengan berjalan bersama rekan kerja, pelanggan, atau pemangku kepentingan lainnya, untuk membahas masalah saat ini. Ini adalah pertemuan yang diadakan di luar saat cuaca memungkinkan, alih-alih meeting di kantor tradisional atau di ruang konferensi.

Dalam masyarakat kita saat ini, tidak ada waktu untuk apa pun. Walking Meeting adalah solusi sederhana dan efektif untuk tetap sehat di jam kerja.

5 Alasan Mengubah Meeting Konvensional Menjadi Walking Meeting

Ingin meningkatkan kolaborasi, produktivitas, dan kreativitas di tempat kerja? Tinggalkan meja kerja Anda dan mulai bergerak.

Terlepas dari gempuran teknologi “mobile”, orang menghabiskan lebih banyak waktu duduk di meja mereka daripada sebelumnya. Rata-rata pekerja duduk sekitar 9,5 jam sehari – yaitu 2 jam lebih banyak per hari daripada mereka tidur

Apa yang membuat kita bertahan di meja kita? Rasa haus yang tak pernah puas akan peningkatan produktivitas dan efisiensi. Ironisnya, salah satu hal yang membuat kita paling efektif adalah meninggalkan meja kita.

Berikut adalah 5 alasan yang ingin Anda pertimbangkan untuk memasukkan pertemuan yang bergerak ke dalam budaya Anda:

1. Meningkatkan Kesehatan Karyawan

Rata-rata pekerja duduk sekitar 9 jam sehari. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang duduk selama lebih dari 6 jam sehari 40 persen lebih mungkin meninggal dalam 15 tahun ke depan daripada orang yang duduk kurang dari 3 jam sehari.

Walking Meeting dapat membuat karyawan tetap aktif dan membantu mereka mendapatkan udara segar dan sinar matahari yang sangat dibutuhkan. Berjalan 30 menit sehari dapat mengurangi risiko demensia, jenis kanker tertentu, dan penyakit jantung.

2. Meningkatkan Kreativitas

Peneliti dari Stanford University menunjukkan bahwa Walking Meeting  meningkatkan pemikiran kreatif hingga 60%. Berpikir kreatif biasanya menghasilkan meeting yang lebih produktif. Perubahan dalam pengaturan meeting dapat memberikan inspirasi, pemikiran yang lebih fleksibel, atau kemampuan pemecahan masalah yang lebih baik.

3. Menghancurkan Penghalang

Berkali-kali rapat berjalan dapat mengubah dinamika kelompok, terutama dinamika kekuatan antara manajer dan karyawan. Tanpa hierarki meeting tradisional, karyawan dan perusahaan dapat terlibat pada tingkat yang berbeda. Ini dapat membuat pertemuan lebih santai dan lebih mungkin untuk menghasilkan hasil yang lebih baik dalam waktu yang lebih sedikit.

4. Memberikan Energi dan Libatkan Karyawan

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Johnson & Johnson, setelah 90 Walking Meeting para karyawan merasa lebih bersemangat, lebih fokus pada pekerjaan mereka, dan lebih banyak terlibat dengan rekan kerja dan perusahaan.

Dalam studi yang sama oleh Clayton, Thomas, & Smothers (2015) mereka menemukan bahwa pekerja yang berpartisipasi dalam Walking Meeting  8,5% lebih cenderung merasa sangat terlibat dan dekat dengan perusahaan.

5. Mendorong Komunikasi

Walking Meeting telah terbukti membantu orang “mencabut” smartphone yang mengalihkan perhatian mereka. Walking Meeting memungkinkan orang untuk lebih jujur dan terbuka dalam berkomunikasi dengan orang lain sehingga dapat memperkuat hubungan interpersonal dan kerja tim.