wisata alam jogja

5 Spot Destinasi Wisata Alam Unik dan Jarang Terjamah di Yogyakarta

“Travel makes one modest. You see what a tiny place you occupy in the world.”


-Gustav Flaubert

Jika Anda ingin berlibur ke Yogyakarta destinasi wisata yang sering kali disebutkan adalah Malioboro, Keraton Jogja, Taman Pintar, Goa Pindul, Pantai Parangtritis, Kaliurang, Gunung Merapi, dan masih banyak lagi. Semua wisata yang disebutkan merupakan tempat wisata yang sudah umum dan pastinya banyak orang yang berkunjung saat liburan. Padahal sebagian besar orang memilih tempat wisata yang jauh dari hiruk pikuk dan dapat merilekskan pikiran sehingga kembali bersemangat untuk melakukan aktivitas.

Faktanya ada banyak sekali destinasi wiasata baru di Yogyakarta yang bisa Anda eksplorasi. Mulai dari wisata bertemakan alam, petualangan, hingga yang berbau-bau pantai. Destinasi wisata alam ini masih minim publikas dan masih sepi, cocok untuk Anda yang ingin mendapatkan pengalaman liburan sepenuhnya dan merilekskan pikiran.

1. Watunene, Hamparan Pantai Dibalik Tebing

Pantai Watunene merupakan pantai baru yang masih belum popular. Pantai ini cukup tersembunyi dibalik tebing bukit yang tinggi dan sulitnya akses menuju lokasi. Terletak di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, tepatnya di sebalah barat Pantai Seruni dan di sebelah timur Pantau Pok Tunggal.

Beberapa orang menyebut Pantai Watunene memiliki kemiripan dengan Pantai Dreamland di Bali. Kesamaan yang paling menonjol berupa pemandangan tebing dengan pasir pantai berwarna putih.

2. Grojogan Lepo Dlingo, Wisata Air di Perbukitan Bantul

Liburan ke Bantul tidak melulu ke gardu pandang mangunan saja, ada Grojogan Lepo Dlingo yang siap memanjakan mata. Destinasi wisata ini berada di tengah kampong dengan keunikan tiga aliran air dari atas tebing. Sementara kubangnya berjumlah empat kolam dengan air jernih.

Grojogan Lepo Dlingo sudah memiliki akses tempuh yang mudah dan juga terdapat beberapa warung. Selain itu ada fasilitas berupa aula besar yang bisa digunakan untuk menyelenggarakan acara, meeting, atau pameran.

3. Luweng Sampang, Versi Mini Grand Canyon

Luweng Sampang terletak di Desa Sampang, Kecamatan Gedangsari, Gunungkidul. Dinamakan Luweng Sampang karena Luweng dalam bahasa Jawa artinya Lubang dan Sampang karena lokasinya berada di desa Sampang.

Luweng Sampang memiliki ketinggian lima meter dengan debit air rendah. Tidak hanya ada satu, tetapi dua air terjun siap menyambut pengunjung yang ingin mengunjungi lokasi wisata ini. Pesona memikat lain dari air terjun ini adalah airnya yang berwarna hijau kebiruan.

4. Songgolangit Sukorame, Jelajah Sawah Pertanian Bowongan (JSPB)

Terletak di Dusun Sukorame, Mangunan, Dlingo, Bantul dan dikelola oleh Kelompok Desa Wisata Songgolangit. Objek wisat ini menonjolkan area pertanian sebagai daya tarik. Pengelola membangun jembatan dari bambu petuang sepanjang 360 meter dengan tinggi sekitar dua meter di tengah persawahan. Jembatan dibangun dengan rute melingkar mengelilingi sawah agar dapat menikmati keindahan sawah serta perbukitan yang ada di sekitar saat berjalan menyusuri jembatan.

Cukup dengan biaya masuk Rp 2000 per orang, Anda dapat menikmati keindahan sawah dan berswafoto sepuasnya.

5. Bukit Cendana, Wisata Andalan Pemburu Sunset

Terletak di Dusun Tegiri 2, Hargowilis, Kokap, Kulonprogo, Yogyakarta, Bukit Cendana menawarkan panaroma alam yang hijau dan asri serta keindahan deretan pohon cendana dan aliran Waduk Sermo. Wisata ini cocok untuk Anda dari kota besar yang ingin terbebas dari polusi udara, karena udaranya bersih, sejuk dan segar.

Bagi Anda yang suka selfie dan instagrambale, Bukit Cendana memiliki spot selfie berupa dek kayu di atas pohon. Pengelola melengkapi spot tersebut dengan kursi kayu kecil sebagai property bagi siapa saja yang ingin berfoto di sana. Pemburu sunset sengaja datang di waktu sore hari untuk melihat pemandang matahari terbenam dari atas dek kayu.

Summary
5 Spot Destinasi Wisata Alam Unik dan Jarang Terjamah di Yogyakarta
Article Name
5 Spot Destinasi Wisata Alam Unik dan Jarang Terjamah di Yogyakarta
Description
Faktanya ada banyak sekali destinasi wiasata baru di Yogyakarta yang bisa Anda eksplorasi. Mulai dari wisata bertemakan alam, petualangan,