Primary Navigation

7 Souvenir Kantor Yang Wajib Ada Di Perusahaan Anda

Souvenir promosi tidak hanya dibuat dan diberikan kepada konsumen atau pelanggan. Lebih dari itu sebenarnya yang juga penting dilakukan adalah memberikan souvenir kantor bagi karyawan atau perusahaan itu sendiri. Mengkustomisasi berbagai peralatan kantor menjadi lebih seragam akan meningkatkan kesan profesional sekaligus memperkuat branding perusahaan kita saat ada klien, atau konsumen yang berkunjung ke kantor.

Souvenir kantor yang digunakan bagi lingkungan dan karyawan kantor biasanya terdiri dari item-item yang sering digunakan dalam keseharian atau pekerjaan kita di kantor. Atau istilahnya biasa disebut office stationary. Memiliki kelengkapan souvenir kantor (office stationary) yang seragam selain nyaman dipandang mata hal ini juga akan memerkuat company identity perusahaan kita.

Karena kesan profesional tidak hanya dinilai dari hasil pekerjaan, portofolio ataupun prestasi yang pernah diraih. Kesan profesional dapat dimulai dari sisi visual, bukan semata-mata harus besar dan mewah,  dalam kondisi paling sederhana sekalipun kita bisa tampil profesional. Dengan membuat keselarasan dan keseragam desain, warna, dan suasana mulai dari dekorasi ruangan hingga hal hal kecil seperti peralatan kantor.

Untuk itu itu mari kita lengkapi mulai dari hal-hal kecil yang lebih mudah untuk segera dilakukan. Harganya cukup terjangkau dan tidak jauh berbeda dengan harga barang yang dijual di pasaran dengan desain yang mainstream. Selain itu  tentu saja, barang-barang tersebut adalah benda yang bermanfaat dan menunjang produktifitas dalam bisnis. Sehingga tidak ada ruginya jika kita membuatkan souvenir kantor untuk digunakan oleh karyawan dalam pekerjaan mereka.

Dibawah ini adalah beberapa barang yang bisa kita jadikan souvenir kantor :

Ballpoint

Ballpoint atau sering juga disebut pulpen (dari bahasa Belanda: Vulpen) adalah benda yang hampir digunakan dalam semua pekerjaan kantor. Kemajuan teknologi memang sudah menggantikan lebih dari 80% pekerjaan menulis. Dimana orang-orang saat ini lebih familiar dan sering menggunakan alat elektronik seperti komputer, laptop atau gadget lainnya. Namun menulis di atas kertas mulai dari mencatat, menggambar, merevisi tulisan hingga membubuhkan tandatangan tetap memerlukan peran ballpoint.

Sebagai souvenir kantor, ballpoint bisa dikustomisasi sesuai dengan keinginan kita, yakni dengan mencantumkan logo atau beberapa kata dalam badan ballpoint tersebut.

Tempat Pensil

Banyaknya pekerjaan yang dilakukan, seringkali membuat meja kerja penuh dengan berbagai macam benda. Dan biasanya benda-benda kecil seperti pulpen, pensil, stepler dan lain sebagainya mudah sekali hilang karena tanpa sadar terbuang atau jatuh ke tempat yang tidak kita ketahui. Nah maka dari itu kita membutuhkan kotak pensil, dimana saat sibuk seperti itu kita bisa menaruh barang-barang kecil disana.

Dan percaya atau tidak meja kerja yang rapih dapat menghindarkan kita dari stress karena pekerjaan. Maka dari itu biasakan setiap selesai bekerja, kita menaruh pensil, pulpen dan berbagai benda kecil di kotak pensil akan membuat meja terlihat rapih.

Sticky Note

Kertas kecil dengan lem yang tidak terlalu lengket ini sangat membantu kita dalam mengingat sebuah pekerjaan. Cukup menuliskan pekerjaan atau catatan apa yang harus kita perhatikan lalu menempelkannya di tempat yang paling mudah terlihat seperti di dekat layar komputer, meja kerja dan lain sebagainya. Hal ini dapat mencegah adanya pekerjaan atau detail kecil yang terlewat atau lupa kita kerjakan.

Perusahaan dapat mengkustomisasi sticky note ini menjadi souvenir kantor dengan menambahkan logo atau desain tertentu pada bagian atas atau pinggir dari kertas sticky note ini sendiri.

Kalender Meja

Jangan sampai ada pekerjaan, deadline atau agenda yang lupa dilakukan atau kurang dipersiapkan karena kita lupa atau bahkan tidak memperhatikan tanggal. Meskipun saat ini kalender sudah bisa dilihat dari berbagai macam sumber baik itu dari kalender dinding, gadget/smartphone, bahkan komputer yang digunakan bekerja. Namun menggunakan kalender yang ada di meja masih tetap lebih nyaman untuk digunakan. Selain lebih mudah untuk dilihat, kita juga lebih bebas untuk mencorat coret dalam artian menandai agenda yang akan kita lakukan pada hari atau tanggal tertentu.

Jam Meja

Sama halnya dengan kalender, fungsinya adalah agar karyawan dapat mengatur waktunya dengan baik. Beberapa jenis jam bahkan dilengkapi dengan alarm sehingga  bisa digunakan sebagai pengingat atau penanda pekerjaan. Hal ini tentu sangat bermanfaat bagi kita yang ingin menjadwalkan semua agenda dan pekerjaan agar tepat pada waktunya.  Jam meja yang dibuat sebagai souvenir kantor bisa di desain dengan lebih menarik, sehingga tidak hanya memiliki unsur fungsional juga menambah keindahan meja kerja.

Kertas dan Kelengkapan Administrasi lainnya

Dalam bisnis, ketertiban dalam melakukan adminstrasi adalah hal yang sangat penting. Setiap kegiatan bisnis, sebaiknya dapat terdokumentasikan dengan baik dan rapih melalui surat-surat administrasi. Mulai dari kop surat, amplop, map, invoice, dan banyak lagi kelengkapan lainnya.

Nah berbagai keperluan adminstrasi bisnis di atas dapat dikustomisasi sesuai kebutuhan perusahaan. Mulai dari segi desain, format, logo, ukuran dan sebagainya bisa dibuat menjadi lebih spesial sehingga menjadi ciri khas perusahaan kita.

Kartu nama

Pastikan setiap karyawan terutama mereka yang berhubungan langsung dengan konsumen memiliki kartu nama lengkap dengan boxnya yang juga bisa dikustomisasi sesuai keinginan. Souvenir kantor yang satu ini sangat berguna sebagai media promosi sekaligus menjadi kartu identitas yang mewakili perusahaan kita.

Dalam sebuah meja customer service atau bagian pelayanan lainnya, kartu nama adalah item yang  harus ada. Karena bisa jadi konsumen atau klien yang baru datang ke perusahaan kita, akan membutuhkan bantuan atau informasi tentang perusahaan kita melalui karyawan tersebut.
Nah itulah souvenir kantor yang merupakan office stationary yang bisa kita buat dan gunakan untuk perusahaan kita. Tidak perlu menunggu untuk menjadi perusahaan besar untuk memberikan atau melengkapi souvenir kantor bagi pelanggan terlebih karyawan kita. Justru karena kita harus menjadi perusahaan besar maka kita perlu tampil profesional dengan office stationery yang sudah dikustomisasi. Selain itu hal ini juga dapat meningkatkan rasa percaya diri dan bangga dalam diri karyawan untuk bekerja di perusahaan kita.