Primary Navigation

Kapan Waktu Yang Tepat Bagi Perusahaan Memberikan Hadiah Souvenir Perusahaan ?

Memberi hadiah berupa souvenir perusahaan kepada konsumen ataupun rekan bisnis kita merupakan suatu yang lumrah dilakukan dalam bisnis. Selain menjadi media promosi yang efektif juga merupakan sarana dalam menjaga hubungan baik dengan mereka. Sehingga kita tidak perlu cemas dan merasa khawatir untuk menjadikan souvenir perusahaan sebagai media promosi, karena dalam bisnis semua yang kita kelurakan bisa dihitung dan diukur keefektifannya.

Berbagai macam souvenir bisa kita buat mulai dari souvenir mug, pin, payung, ballpoint, kalendar, jam dinding, payung hingga powerbank. Semua benda tersebut bisa kita buat menjadi customize media atau media yang dapat dibuat sesuai keinginan kita. Sehingga melalui souvenir perusahaan tersebut kita bisa menyisipkan pesan promosi yang ingin kita sampaikan baik secara tersirat maupun tersurat jelas.

Dalam memilih dan membagikan souvenir perusahaan sebaiknya tidak sembarangan. Perhitungan dan persiapan strategi yang matang adalah hal yang penting dilakukan agar program promosi dapat mencapai hasil yang maksimal. Karena tentu saja sangat disayangkan apabila dana yang dikeluarkan tidak dapat memberikan hasil yang signifikan. Setidaknya sebuah souvenir perusahaan sebaiknya adalah sesuatu yang bermanfaat dan sering digunakan oleh target auidiens / penerima souvenir kita. Sehingga pesan promosi kita dapat tersampaikan dengan lebih baik dan maksimal.Nah setelah menentukan pesan promosi yang ingin disampaikan dan memilih benda yang tepat untuk dijadikan souvenir perusahaan. Hal penting selanjutnya yang perlu kita pertimbangkan adalah membagikan souvenir di waktu yang tepat, agar program promosi yang kita jalankan terjadi pada saat momentum yang tepat sehingga memberikan hasil yang maksimal. Kapan sih sebaiknya kita membagikan atau menggunakan souvenir sebagai media promosi?


5 Waktu Yang Tepat Membagikan Souvenir Perusahaan

1. Saat Pertama Kali Memulai Hubungan

Ini adalah moment dimana perusahaan kita pertama kali berinteraksi dan menjalin hubungan dengan konsumen. Hal ini bertujuan untuk memberikan kesan positif diawal hubungan antara perusahaan dengan konsumen atau partner bisnisnya. Seperti launching produk, pendaftaran, opening store dan lainnya.

Misalkan saja sebuah bank, mereka biasanya memberikan sebuah souvenir perusahaan saat ada seorang nasabah baru yang membuka rekening di bank mereka. Atau contoh kasus real lainnya ialah brand motor Honda yang memberikan souvenir perusahaan kepada orang-orang yang baru menginstall aplikasi Honda di smartphone mereka. Atau ada juga beberapa brand mobil seringkali memberikan souvenir terhadap calon konsumen yang mau melakukan test driving di dealer mereka.

Hal yang sama juga bisa kita lakukan dan adaptasi di perusahaan yang kita miliki. Memberikan souvenir pada saat ada pembeli atau member baru yang mendaftar layanan atau berinteraksi dengan bisnis kita.

2. Saat Ingin Menjaga  Kedekatan

Setelah kita memiliki hubungan yang baik dengan konsumen dan partner bisnis kita selanjutnya adalah kita harus menjaga hubungan baik tersebut. Dan lagi-lagi souvenir perusahaan bisa menjadi salah satu media yang efektif untuk melakukannya. Memberikan sebuah souvenir yang fungsional bagi penggunananya secara tidak langsung dapat merekatkan brand perusahaan dengan konsumen atau pengguna souvenir perusahaan tersebut.

Salah satu contoh real penggunaan souvenir perusahaan sebagai media untuk menjaga hubungan baik ini pernah dilakukan Pertamina. Kebetulan case kali ini kami, Cera Production sendiri yang menangani. Pertamina ingin menjaga hubungan baik dengan para manager di berbagai industri. Dengan mempertimbangkan audiens penerima dan pesan yang ingin disampaikan Pertamina, maka Cera menghadirkan ballpoint exclusive lengkap dengan desain logo Pertamina yang nampak elegan ketika digunakan.

3. Melaksanakan Program Promosi  / Penawaran

Kata siapa souvenir perusahaan hanya buang-buang duit? Nyatanya jika kita bisa merancang program promosi yang cantik. Souvenir perusahaan juga bisa digunakan untuk mengkatrol jumlah sales atau penjualan dalam suatu waktu tertentu. Souvenir perusahaan tidak hanya sekedar merchandise yang dibagaikan cuma-cuma namun bisa menjadi nilai tambah bagi suatu program promosi tertentu.

Strategi promosi seperti ini seringkali kita temukan dalam kehidupan sehari hari misalkan saja di supermarket, toko mas, dan lain lain. Misalkan saja sebuah supermarket ingin meningkatkan jumlah transaksi rata-rata pembeli. Maka mereka membuat sebuah program promosi seperti pembelanjaan minimal Rp. 200.000 akan mendapatkan souvenir mug dan banyak lagi contoh lainnya.

4. Sponsorship atau Event

Tak jarang sebuah perusahaan mensponsori event atau bahkan membuat sendiri sebuah event tertentu. Mulai dari seminar, gathering, konser, pameran, dan banyak jenis event lainnya. Nah inilah waktu yang tepat untuk memberikan souvenir perusahaan. Mengawinkan event promos dengan souvenir perusahaan adalah pilihan cerdas karena keduanya saling melengkapi satu sama lain.

Sebuah event memang dapat menarik perhatian lebih banyak dan cepat hanya saja durasi promosinya terbatas. Sementara souvenir sebaliknya, media promosi yang satu ini memiliki jangka waktu promosi yang lama. Yakni selama souvenir tersebut masih berfungsi dan digunakan, selama itu pula ia masih berfungsi sebagai media promosi.

Membagikan souvenir perusahaan pada saat event bisa dilakukan dengan beragam hal. Mulai dari berupa sebagai hadiah untuk menarik interaksi pada gimmick lomba tertentu. Sampai berupa  fasilitas yang digunakan dalam event tersebut misalkan saja seperti Seminar Kit. Souvenir perusahaan yang bisanya dibagikan di saat seminar misalkan ballpoint, blocknote, sticker dan lain sebagainya.

5. Perayaan Hari-Hari Besar

Sebenarnya tujuannya hampir sama dengan point nomor dua bahwa membagikin souvenir perusahan dilakukan untuk menjaga hubungan baik. Namun perbendaan keduanya adalah darii segi waktu pelaksanaannya. Dalam point ini lebih menekankan bahwa membagikan souvenier perusahaan akan lebih baik dilakukan di saat hari-hari besar tertentu sehigga tercipta sebuah memontum antara brand dengan konsumen. Sementara di point nomor dua bisa kita lakukan kapan saja ketika dibutuhkan sesuai dengan situasi dan kondisinya seperti apa.

Misalkan menjelang hari Raya Idul Fitri perusahaan membagikan souvenir perusahan bertemakan Idul Fitri terhadap konsumen atau partner bisnisnya yang muslim. Begitupun hal ini bisa dilakukan saat Hari Natal, Hari Imlek, Tahun Baru dan sebagainya. Memberikan souvenir sebagai ucapan selamat di hari hari besar konsumen kita, akan memberikan kesan mendalam bagi mereka. Sehingga tanpa disadari ada kedekatan emosional antara brand dengan konsumen.
Demikianlah beberapa ide atau saran tentang kapan waktu yang tepat untuk membagikan souvenir perusahaan. Baca juga bagaimana kisah sukses berbagai perusahaan ketika menggunakan souvenir perusahaan sebagai media promosi Disini