klub-buku-karyawan

Manfaat Klub Buku Karyawan dan 7 Rekomendasi Buku Untuk Pengembangan SDM Perusahaan

Reading is to the mind what exercise is to the brain


Joseph Addison

Ketika karyawan bahagia, mereka akan lebih produktif. Ada banyak cara cerdas untuk menggabungkan kesenangan dan produktivitas, klub buku karyawan adalah salah satu ide yang mungkin Anda pertimbangkan.

Segudang penelitian membuktikan bahwa membaca dapat memperluas wawasan dan meningkatkan kesehatan mental. Tidak heran, beberapa nama terkenal seperti Warren Buffett dan Bill Gates adalah pecinta buku. Mark Zuckerberg bahkan menantang dirinya untuk membaca buku baru setiap dua minggu.

Para profesional sukses menemukan cara untuk menjaga diri mereka tetap terdepan di bidang masing-masing. Mereka sering berpartisipasi dalam diskusi, mengembangkan hubungan dengan teman sebaya dan mentor, mengikuti berita dan penelitian industri, serta banyak membaca.

Manfaat Klub Buku Karyawan

1. Pengembangan Karyawan

Membantu karyawan Anda tumbuh dalam pekerjaan mereka adalah kunci untuk menarik dan mempertahankan talenta top, tetapi beberapa bisnis kecil mungkin tidak memiliki anggaran untuk mengirim karyawan ke konferensi atau pelatihan. Klub buku menjadi jawaban bagi wirausahawan yang ingin mengembangkan pengembangan karyawan namun minim anggaran.

2. Meningkatkan Motivasi

Kreativitas bertumpu pada tabrakan ide-ide yang tak terduga, serta tingkat kenyamanan tertentu dengan ambiguitas dan gagasan setengah matang. Membaca dapat membantu menumbuhkan keduanya.

3. Kerja Sama Tim

Agar tim Anda dapat bekerja sama dengan baik, mereka harus benar-benar mengenal satu sama lain sebagai manusia, bukan hanya roda penggerak dalam mesin perusahaan. Klub buku memungkinkan mereka berinteraksi jauh dari fungsi normal dan mendapatkan pandangan 360 derajat dari kolega mereka.

Untuk membuat pengalaman baru tersebut Anda bisa memulai dengan memilih buku yang dapat membuat karyawan menjadi leader yang lebih baik, pembicara yang lebih efektif, atau tenaga penjual yang lebih kuat. Buku tersebut juga dapat menjadikan karyawan lebih baik dan menemukan inspirasi.

Berikut 7 Rekomendasi Buku Untuk Professional dan Personal Development:

1. Delivering Happiness: A Path to Profits, Passion, and Purpose oleh Tony Hsieh (CEO Zappos)

Buku ini ditulis oleh Tony Hseih, CEO Zappos. Zappos sendiri adalah e-commerce sepatu. Zappos tidak pernah memasang iklan, metode pemasarannya hanya mengandalkan jurus dari mulut ke mulut. Lalu apa istimewanya Zappos yang “hanya” menjual sepatu online? Yang istimewa dari Zappos adalah budaya memberikan pelayanan yang luar biasa kepada pelanggan.

Pelayanan yang luar biasa itu dalam bahasa Zappos disebut “WOW”.

Penasaran? Buku ini adalah buku wajib untuk mendongkrak penjualan perusahaan Anda.

2. How to Win Friends & Influence People oleh Dale Carnegie

Dale Carneige adalah seorang salesman yang membuat wilayah penjualannya terbaik nasional untuk perusahaan tempat ia bekerja. Kemudian ia mengakhiri karirnya sebagai seorang enjual dan mengajarkan ilmu tentang public speaking. Seorang Warren Buffet, salah satu investor paling sukses abada ke-20 pernah mengambil kursus bersama Dale Carneige di usia 20-an.

Untungnya, semua pelajaran yang sama persis dengan yang dipelajari Warren Buffet dikemas dalam buku ini.

Dalam buku ini terdapat 30 prinsip untuk membangun hubungan baik dengan orang lain.

3. The Power of Habit oleh Charles Duhigg

Ketika Anda bagun di pagi hari, apa yang pertama kali Anda lakukan? Setiap aktivitas yang kita lakukan berulang kali tanpa kita sadari adalah hasil dari kebiasaan. Menariknya, kebiasaan dapat diubah. Bagaimana cara merubahnya?

Buku ini mengajarkan banyak hal, mulai daei pembahasan secara mendalam apa itu kebiasaan, bagaimana cara kerjanya, cara mengubahnya dan mengapa kebiasaan berperan penting dalam hidup kita.

4. The War of Art oleh Steven Pressfield

Buku ini merupakan karya best seller Steven Pressfield. Berisi bagaimana mengidentifikasi musuh yang harus dihadapi setiap orang, menguraikan rencana pertempuran untuk menaklukkan musuh internal, lalu menandai titik-titik bagaimana mencapaki keberhasilan terbesar.

Lalu, siapakah musuh itu sebenarnya? Buku ini adalah rekomendasi untuk menginsparasi dan mencari kembali potensi diri.

5. StrenghtsFinder 2.0 oleh Gallup dan Tom Rath

Banyak perusahaan salah dalam mengembangkan karyawan, mereka lebih banyak waktu untuk memperbaiki kekurangan daripada mengembangkan kekuatan. Untuk membantu orang mengungkapkan bakat mereka, Gallup memperkenalkan versi pertama StrenghtsFinder di tahun 2001 dan menjadi trending global serta membantu jutaan orang menemukan bakat terbaik mereka.

Di StrenghtsFinder 2.0 Gallup menjabarkan ratusan strategi untuk bisa diterapkan pada bakat Anda. Bagaimana caranya?

6. Dream Teams: Working Together Without Falling Apart oleh Shane Snow

Pengusaha dan Jurnalis Shane Snow mengungkapkan alas an berlawanan mengapa ada banyak kemitraan dan tim rusak. Tim-tim terbaik sangat banyak, namun kenapa kolaborasi sering gagal? Provokatif dan menghibur, buku ini adalah karya penting yang akan mengubah cara kita berpikir tentang orang, kemajuan tim, dan kolaborasi.

7. It Doesn’t Have to be Crazy at Work oleh Jason Fried dan David Henemeier Hansson

Dalam buku ini, Jason Fried dan David Henemeier Hansson memperkenalkan cara untuk bekerja secara efektif. Mereke membangun pesan dengan strategi ikonoklasik yang berani untuk menciptakan budaya perusahaan yang ideal.

Kerja berjam-jam, beban kerja berlebihan, dan kurang tidur kebanyakan menjadi kebangaan dan kerhormatan para professional. Tapi penulis menyebutkan jika hal tersebut adalah tanda kebodohan.

Saatnya berhenti merayakan ‘crazy’ dan mulai merayakan ‘calm’.

Buku ini didekisaikan untuk manajer atau eksekutif perusahaan untuk merangkul talenta bakat milenial.

Summary
Manfaat Klub Buku Karyawan dan 7 Rekomendasi Buku Untuk Pengembangan SDM Perusahaan
Article Name
Manfaat Klub Buku Karyawan dan 7 Rekomendasi Buku Untuk Pengembangan SDM Perusahaan
Description
Ada banyak cara cerdas untuk menggabungkan kesenangan dan produktivitas, klub buku karyawan adalah salah satu ide yang mungkin Anda pertimbangkan.