hadiah karyawan

Onboarding Berkualitas, Sambut Karyawan Milenial dengan Employee Kit yang Luar Biasa

Bayangkan hari ini adalah hari pertama Anda bekerja di perusahaan, sangat bergembira tetapi juga sedikit merasa ketakutan. Anda tiba dengan penuh optimis dan tekad untuk memulai, siap untuk melompat ke tantangan yang ada di depan mata. Kemudian ketika Anda memasuki gedung tersebut semua orang berada di meja mereka, sementara Anda tidak tahu apa yang harus dilakukan selanjutnya.

Pilih salah satu dari dua skenario yang telah saya buat,

  1. Anda berkeliaran di dalam gedung yang sama sekali tidak Anda kenal, mencari seseorang yang dapat membantu memberi tahu Anda ke mana harus pergi.
  2. Anda disambut oleh seseorang yang menunggu kedatangan Anda, kemudian memandu ke meja yang rapi lengkap dengan employee kit yang indah dan tanda selamat datang. Ah, terasa seperti di rumah.

Pentingnya Onboarding Karyawan Baru

Onboarding karyawan adalah kesempatan sempurna bagi perusahaan untuk memenangkan hati dan pikiran karyawan baru. Kesan pertama sangat penting.

Dalam perang kompetitif terhadap bakat, perusahaan perlu melakukan apapun yang mereka bisa untuk menarik dan mempertahankan karyawan terbaik. Itu semua dimulai dengan pendekatan saat onboarding karyawan baru.

“Onboarding adalah momen ajaib ketika karyawan baru memutuskan untuk tetap bekerja atau meninggalkan perusahaan,” kata Amy Hirsh Robinson dari The Interchange Group dalam sebuah wawancara dengan Society for Human Resource Management, dikutip dari impactbnd.com

Karyawan baru yang memiliki pengalaman onboarding yang buruk dapat menyimpulkan bahwa perusahaan dikelola dengan buruk juga, sehingga muncul pemikiran bahwa mengambil pekerjaan di perusahaan tersebut adalah sebuah kesalahan.

Alasan Perusahaan Harus Berinvestasi dalam Onboarding Employee Kit

1. Mempererat Employee Engagement

Salah satu kelebihan dari onboarding employee kit adalah dapat membantu memicu kebanggaan, keterlibatan, dan advokasi karyawan. Orang cenderung memakai kaos, membawa tumbler, atau menggunakan peralatan lain dari perusahaan yang mereka dukung. Memberi karyawan Anda peralatan yang mewakili perusahaan akan membantu mengubahnya menjadi promotor dan secara tidak langsung menjadi brand ambassador perusahaan di luar kantor.

Orang-orang jauh lebih mendengarkan apa yang dikatakan karyawan perusahaan daripada iklan yang menghabiskan dana perusahaan.

2. Mempromosikan Budaya Perusahaan

Onboarding employee kit juga merupakan cara untuk menunjukkan kepada karyawan baru tentang perusahaan. Ini adalah kesempatan untuk benar-benar mengajak mereka mengetahui bagaimana perusahaan Anda sesungguhnya dan merasakan bagaimana pengalaman mereka di perusahaan.

3. Membuat Karyawan Anda Merasa Disambut

Saat perusahaan atau tim mendapatkan karyawan baru, penting bagi Anda untuk membuat mereka merasa diterima. Studi menunjukkan bahwa selama beberapa bulan pertama, karyawan baru masih merasa apakah dirinya cocok dan diterima oleh perusahaan/tim.

The Clear menyambut karyawan baru dengan welcome kit
sumber twitter @clear_global

Apa Saja yang Dipersiapkan Untuk Onboarding Employee Kit?

Apakah Anda ingin onboarding employee kit menjadi sesuatu yang istimewa? Bukan hanya sesuatu yang menunjukkan bahwa mereka bekerja di tempat yang baru, tetapi mereka sekarang menjadi bagian dari tim.

Kevin Spahn, Art Director di Element Three, sebuah agen pemasaran di Indianapolis yang professional dalam hal branding perusahaan mengatakan, item dalam kit mereka dibagi menjadi tiga kategori: informatif, berguna, dan menyenangkan.

1. Onboarding Employee Kit Informatif

Element Three mengubah onboarding kit menjadi semacam permainan. Kotak berisi daftar tugas untuk bulan pertama, membantu mereka mempelajari sesuatu yang penting tentang lingkungan baru mereka.

Kit yang berisi info dasar yang perlu diketahui oleh karyawan baru.

  • Peta kantor
  • Kunci gedung
  • Surat dari presiden perusahaan
  • Instruksi parkir
  • Informasi tentang kontrak kerja dan benefit
  • Daftar hal-hal yang akan Anda lakukan di bulan pertama

2. Onboarding Employee Kit Berguna

FanDuel memberikan jaket, hoodie, alat tulis kantor, dan barang-barang berguna lainnya yang dapat membantu karyawan saat bekerja

Kit yang berisi barang-barang yang membantu karyawan saat melakukan pekerjaan.

  • Laptop
  • Notebook & pena
  • Flash drive
  • Dudukan monitor, mouse, dan mouse pad
  • Buku pengembangan professional
  • Peralatan alat tulis kantor

3. Onboarding Employee Kit Menyenangkan

Element Three menmbahkan kegembiraan di onboarding kit dengan item-item yang akan membuat karyawan bersemangat bergabung dengan tim dan membuatnya terlihat keren.

Kit yang berisi peralatan yang lebih menarik yang mungkin bukan kebutuhan tetapi tentu saja adalah keinginan.

  • Pakaian (kaos, sweater, hoodie, polo, dll)
  • Tumbler
  • Stiker
  • Sebuah panji
  • Pin
  • Mug

Untuk informasi selengkapnya seputar onboarding kit maupun seminar kit bisa klik disini untuk mendapatkan inspirasi seminar kit yang bisa Anda jadikan referensi.

Summary
Onboarding Berkualitas, Sambut Karyawan Milenial dengan Employee Kit yang Luar Biasa
Article Name
Onboarding Berkualitas, Sambut Karyawan Milenial dengan Employee Kit yang Luar Biasa
Description
Onboarding berkualitas adalah kesempatan sempurna bagi perusahaan untuk memenangkan hati dan pikiran karyawan milenial. Kesan pertama sangat penting.