7 Prioritas bisnis di masa krisis ala Budi Isman

Kepada Para Pemilik Bisnis Sudahkah Melakukan 7 Prioritas di Masa Krisis Ini?

Mungkin banyak di antara pembaca blog Cera yang merupakan pemilik bisnis yang sedang merasa pusing dengan dengan keadaan krisis sekarang ini. Krisis akibat pandemi corona virus mengakibatkan goncangan ke bisnis. Meskipun ada juga bisnis yang justru mengalami peningkatan di masa sekarang ini.

Baik yang tengah berjuang menyelamatkan bisnis yang sedang mengalami perlambatan maupun yang tiba-tiba performanya menanjak di masa sekarang ini, sama-sama perlu melakukan beberapa hal prioritas berikut ini. Ketujuh tips ini dikutip dari Budi Isman yang merupakan mentor bisnis dan UKM di Indonesia.

Review situasi

Pertama, yang perlu dilakukan adalah menerima keadaan sekarang ini. Setelah menerima keadaan, kita selaku pemimpin hendaknya memiliki sikap diri yang positif. Yaitu, tetap tenang, tidak panik dan percaya diri. 

Setelah itu, mulai dengan memetakan dampak corona ini kepada bisnis. Dengan memahami dampak yang terjadi sebagai pemimpin, Anda bisa mengambil keputusan yang lebih tepat. Selain itu, untuk menyiapkan strategi di masa yang tidak menentu ini adalah dengan memperkirakan kapan situasi akan kembali normal. 

Anda mungkin juga suka: #DiRumahAja: 6 Tips Tetap Produktif Bekerja dari Rumah

Selamatkan omzet

Prioritas bisnis selamatkan omzet

Prioritas ini hanya perlu dilakukan oleh bisnis yang mengalami perlambatan. Pertama, coba evaluasi mengapa omzet mengalami penurunan. Setelah menemukan akar masalahnya, baru bisa dirumuskan pemecahan masalahnya. Misalnya fokus untuk membuat harga jual lebih terjangkau karena di masa seperti sekarang ini, para konsumen juga harus menekan pengeluaran.

Hal ini bisa dilakukan dengan downsizing, misalnya produk Anda biasanya dijual dalam kemasan besar, di masa ini bisa coba dalam kemasan lebih kecil. Hal ini sudah dilakukan oleh beberapa katering yang melayani pernikahan berubah menerima layanan pesan-antar personal. 

Pivot bisnis bukan lagi hal yang baru. Banyak bisnis yang melakukan strategi ini untuk menyelamatkan omzetnya.

Selain itu, di masa ini, selain berusaha untuk mendapatkan sebanyak mungkin klien baru, tak ada salahnya juga untuk kembali menghubungi pelanggan lama. Hal ini dilakukan untuk menekan cost of acquisition

Mengelola cost dan lakukan efisiensi

Prioritas bisnis kelola cost dan lakukan efisiensi

Dalam bisnis kita mengenal ada empat jenis biaya yaitu fix cost, variable cost, must have cost hingga nice to have cost. Inventarisir semua cost yang dikeluarkan, pisahkan sesuai kategori. Lalu pangkas dari prioritas terendah yaitu nice to have cost.

Selain itu, cek juga harga pokok produksi, adakah elemen yang bisa dikurangi tanpa menurunkan kepuasan pelanggan? Jika ada penghematan yang bisa dilakukan, lakukan sekarang, jangan tunda lebih lama.

Jaga cash flow

Prioritas bisnis jaga cashflow

Cash flow bisa dibilang merupakan darah perusahaan. Prinsipnya adalah lebih banyak dan lebih cepat uang masuk serta mengurangi dan menunda uang keluar. Ini saatnya mengevaluasi utang-piutang perusahaan jika ada. Melihat kembali inventori baik bahan baku maupun barang jadi, sebisa mungkin ubah menjadi cash sesegera mungkin. Bisa dengan memberikan diskon, cashback atau yang lainnya.

Tunda investasi

Prioritas bisnis tunda investasi

Dalam bisnis, kita mengenal capital expenditure (Capex), di masa penuh ketidakmenentuan ini sebaiknya semua investasi dibatalkan atau ditunda dulu hingga kondisi lebih baik. Hal ini masih terkait dengan poin sebelumnya yaitu menunda keluarnya uang. Namun, jika memang investasi yang dilakukan bisa memasukkan dana segar dengan cepat dalam jumlah yang banyak tentu saja bisa diteruskan. Prinsipnya adalah hati-hati.

Membangun tim

Prioritas bisnis membangun tim

Jika Anda selaku pemimpin saja merasa gelisah dan kalang-kabut dengan situasi sekarang apalagi para karyawan. Mereka juga tengah berada dalam kepanikan tidak kurang dari yang Anda alami. Oleh karena itu, keterampilan menjalin komunikasi menjadi sangat penting. Beri tahu karyawan keadaan perusahaan yang sesungguhnya. 

Dengan begitu, mereka bisa menyiapkan strategi untuk diri dan keluarganya. Selain itu, menceritakan kondisi yang terjadi bisa meminimalisir adanya rumor bahkan krisis kepercayaan. Harapannya, karyawan juga bisa turut memikirkan jalan keluar bagi perusahaan. Semakin banyak ide, semakin bagus bukan?

Di masa ini, utamakan kesehatan dan keselamatan karyawan. Terkait karyawan, ini biasanya masuk dalam fix cost sehingga perlu beberapa strategi untuk menutupnya. Mulai dari review alur kerja, mengurangi jam kerja sehingga meminimalisir penggunaan listrik dan air misalnya, hingga yang paling akhir jika memang harus ada perombakan struktur perusahaan. 

Persiapan untuk keadaan yang lebih baik

Prioritas bisnis persiapan utk keadaan yang lebih baik

Badai akibat pandemi virus corona ini tidak akan terjadi selamanya. Kita akan melewatinya meskipun saat ini kita belum tahu kapan. Nanti, ketika semua kembali normal, perusahaan yang sudah siap akan lebih cepat pulih.

Oleh karena itu, siapkan juga strategi untuk nanti come back. Review kira-kira peluang apa yang mungkin muncul. Sebab, meskipun kondisi saat ini menjadi badai bagi banyak sektor bisnis tetap ada sebagian yang sedang mengalami lonjakan pertumbuhan. 

Summary
Kepada Para Pemilik Bisnis Sudahkah Melakukan 7 Prioritas di Masa Krisis Ini?
Article Name
Kepada Para Pemilik Bisnis Sudahkah Melakukan 7 Prioritas di Masa Krisis Ini?
Description
Pandemi corona virus menyebabkan krisis ekonomi. Ada bisnis berkembang namun lebih banyak yang terpuruk. Apa yang bisa dilakukan pemimpin bisnis? Budi Isman membagikan 7 prioritas bisnis.