Primary Navigation

tips-ampuh-menjaga-lekompakan-kerja-tim-di-kantor

Tips Ampuh Menjaga Kekompakan Kerja Tim di Kantor

Pekerjaan yang bagus seringkali tidak semata-mata hanya berasal dari kemampuanmu sendiri, namun juga karena adanya dukungan dan peran rekan kerja yang saling melengkapi.

Kerja sama tim sangat diperlukan dalam dunia kerja karena tidak ada orang yang dapat bekerja sendiri, terutama dalam sebuah perusahaan.

Perlu diakui bahwa membangun kekompakan sebuah tim kerja bukan hal yang mudah. Dibutuhkan kesamaan visi dan misi, saling pengertian serta kemampuan memahami karakter satu dengan yang lainnya.

Tentu Anda memerlukan berbagai cara membangun kerja sama tim yang efektif agar tujuan dari tim Anda berhasil dan perusahaan Anda mencapai kesuksesan.

Simak ulasan berikut ini dan mulailah membangun kerja sama tim untuk kemajuan perusahaan Anda.

Pentingnya Kerja Sama Tim (Teamwork)

Dalam sebuah permainan sepakbola, sebuah tim dapat memenangkan sebuah pertandingan apabila terjadi suatu kekompakan dalam kesebelasan tim tersebut. Kerja sama tim inilah yang membuat mereka menjadi satu kesatuan dan memenangkan sebuah pertandingan maupun perlombaan.

Coba bayangkan jika setiap pemain tidak memiliki koordinasi yang baik antar sesama pemain. Apa jadinya jika salah satu pemain ingin menjadi one man show dan tidak mau bekerja sama dengan anggota tim yang lain?

Pernahkah Anda melihat sebuah tim sepak bola mengalami situasi tegang karena setiap anggota tidak mau menerima masukan dan ingin bermain seenaknya sendiri tanpa adanya koordinasi yang baik?

Sudah jelas tim sepak bola itu tidak akan memenangkan pertandingan. Parahnya, sudah pasti tim tersebut dibubarkan.

Kerjasama Tim Sepakbola

Gambaran tersebut sama halnya dengan pola kinerja dalam sebuah perusahaan.

Sebuah perusahaan akan berjalan dengan baik dan mengalami berbagai peningkatan kualitas sumber daya manusia serta keuntungan perusahaan secara finansial jika terdapat suatu kerja sama tim yang saling koordinasi dan bersinergi di dalamnya.

Bagaimanakah atmosfer dalam perusahaan, tempat Anda bekerja?

Membangun Kerja Sama Tim dan Menjaga Kekompakan Tim Dalam Perusahaan

Dalam perusahaan, kekompakan tim kerja merupakan salah satu faktor yang sangat penting. Fungsi organisasi perusahaan tidak akan bisa berjalan dengan baik dan lancar jika sesama anggota dalam tim kurang berkomunikasi dan berkoordinasi. Berikut adalah 7 tips yang ampuh menjaga kekompakan tim kerja di kantor.

#1. Menanamkan Visi Misi Perusahaan pada Seluruh Tim

Diibaratkan sebuah pesawat dengan banyaknya penumpang di dalamnya akan sampai ke sebuah bandara tertentu jika memiliki tujuan dan arahan yang sama.

Demikian halnya dengan sebuah perusahaan. Setiap anggota perlu memiliki visi dan misi yang sama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan dalam perusahaan tersebut.

Jika Anda seorang pemimpin perusahaan atau kepala divisi. Tanamkan visi misi perusahaan kepada para anggota tim agar mereka bekerja sesuai dengan arahan perusahaan yang Anda pimpin.

#2. Menghargai Perbedaan Pendapat

Perbedaan pendapat memang biasa. Setiap orang memiliki ide masing-masing dan cara yang berbeda dalam melakukan tugasnya untuk memenuhi sebuah tujuan tim maupun perusahaan.

Dalam sebuah tim hal ini sangat sering terjadi jika seorang anggota tim sangat berpegang teguh pada ide yang ia sampaikan dan yakini, sehingga tidak mengindahkan berbagai ide kreatif lain dari rekan setimnya.

Terkadang, ada kalanya rasa kecewa timbul bila ide yang kita sampaikan tidak diterima sebagai keputusan bersama dalam tim. Namun, apapun hasilnya itu merupakan keputusan tim.

Memiliki hati yang besar, dapat ditunjukkan dengan menerima dan menghargai perbedaan pendapat dan hasil keputusan yang tidak sesuai dengan ide yang diusulkan.

Tahukah Anda bahwa nilai kedewasaan seseorang dapat terlihat dalam situasi pengambilan keputusan? Anda pun dapat menilai kedewasaan diri Anda melalui momen ini.

Jika Anda mampu menerima keputusan bersama dalam sebuah rapat walaupun ide Anda tidak diterima, maka Anda merupakan salah satu dari sekumpulan orang yang memiliki kedewasaan dalam berpikir, bertindak dan berperilaku.


Baca Juga :

4 Ide Unik Rayakan Hari Kasih Sayang Bareng Teman Kantor
7 Ide Acara Kantor Yang Kreatif Dan Bikin Karyawan Betah Di Kantor


#3. Memberikan Perintah yang Jelas dan Terarah

Bagi divisi yang kedatangan karyawan baru, sebaiknya beri mereka perintah dengan jelas. Lalu sampaikan juga apa apa saja yang perlu mereka capai.

Hal ini bertujuan supaya karyawan baru dapat cepat beradaptasi dengan lingkungan kerja termasuk jobdesk barunya, sehingga kekompakan kerja tim juga cepat terbentuk.

Jangan sampai karyawan baru tersebut tidak mengetahui apa saja yang harus dilakukannya, sehingga target tim tidak tercapai.

#4. Melakukan Komunikasi yang Intensif dan Efektif

Komunikasi memang tidak dapat dianggap sepele, karena komunikasi yang tidak berhasil akan membuat suatu hubungan menjadi renggang.

Lakukan komunikasi yang intensif dengan setiap anggota tim dengan mengadakan meeting atau pertemuan untuk melakukan koordinasi tugas secara singkat dan juga mengevaluasi kinerja harian maupun mingguan.

Setiap laporan dari anggota tim perlu ditampung dengan baik dan pecahkan setiap masalah tersebut dengan melakukan case study secara bersama-sama. Libatkan seluruh anggota tim dalam memecahkan masalah tim (problem solving).

Setiap orang pasti memiliki masalah masing-masing, tak hanya permasalahan di kantor maupun dalam keluarga.

Miliki hubungan yang baik dan saling menanyakan kabar akan sangat membantu membangun kerja sama tim.

Rekan kerja yang mampu menjadi teman curhat bisa menjadi penopang berjalannya sebuah kerja sama yang baik dalam tim.

#5. Mengadakan Kegiatan Bersama

Suatu hubungan antar anggota perlu dipupuk dengan kegiatan kebersamaan. Baik itu diadakan di dalam kantor maupun di luar kegiatan kantor.

Mengadakan kegiatan makan bersama di salah satu rumah anggota tim juga bisa menjadi salah satu pilihan.

Ide tersebut akan membantu Anda dalam membangun kerja sama tim yang semakin solid.

#6. Kondisi Kerja yang Stabil

Menjaga stabilitas kerja di kantor memang sangat diperlukan. Bagaimana bisa berpikir dengan tenang jika status karyawan tidak jelas atau perusahaan sedang dalam masalah, bukan ?

Ternyata kondisi ini mampu mempengaruhi secara langsung pada semangat dan kekompakan tim kerja karyawan.

Dalam kondisi kerja yang stabil, tentu setiap anggota tim bisa bekerja dengan lebih tenang dan target kerja pun mampu tercapai.

#7. Meningkatkan Kompetensi Anggota Team

Meningkatkan kerja sama tim bisa terjadi jika antar anggota tim dilengkapi dengan kompetensinya masing-masing.

Dengan meningkatnya kompetensi mereka, semakin tinggi juga kinerja yang mereka lakukan.

Jika Anda seorang manager maupun HRD, fasilitasi karyawan untuk dapat mengembangkan diri mereka untuk mendapatkan kompetensi yang semakin meningkat melalui seminar dan pelatihan.

Izinkan juga mereka untuk meningkatkan kemampuannya maupun edukasinya jika ada di antara anggota tim Anda yang ingin melanjutkan jenjang studi mereka.

Berikan saran terbaik Anda bagi mereka yang ingin semakin berkembang. Bukankah kompetensi karyawan yang semakin meningkat akan mempengaruhi peningkatan bagi perusahaan juga? Demikian beberapa tips ampuh menjaga kekompakan kerja tim di kantor yang bisa Anda praktekkan, semoga bermanfaat.